Selasa, 21 Agustus 2018
Kesehatan

Awas, Ini Bahayanya Berlebihan Konsumsi Makanan saat Malam Hari

Awas, Ini Bahayanya Berlebihan Konsumsi Makanan saat Malam Hari ILUSTRASI. Kebiasaan makan malam berlebihan dapat berdampak buruk untuk kesehatan. (FOTO: panduanhidupsehat.com)
Kamis, 01 Februari 2018 - 05:32

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda pernah merasa tidak selera makan atau ngemil selama pagi hingga sore hari, tapi tak bisa berhenti mengunyah makanan pada malam hari? Jika ya, berarti kadar hormon ghrelin dalam tubuh, yaitu hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan atau hormon lapar, sedang tidak stabil.

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat yang diterbitkan di International Journal of Obesity, pada malam hari manusia akan mengalami perubahan hormon yang memengaruhi nafsu makan, sehingga berpotensi membuat Anda makan berlebihan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sebenarnya apa bahayanya makan malam terlalu banyak?

Dilansir dari Klik Dokter, makan larut malam atau terlalu banyak makan pada malam hari dapat berakibat buruk pada kesehatan. Bukan hanya karena faktor gizi, tapi juga karena kebiasaan makan ini dapat mengganggu ritme sirkadian (dikenal juga sebagai jam alami tubuh) Anda. 

Penelitan dari National Autonomous University di Meksiko mendemonstrasikan perubahan jam makan pada tikus. Dalam studi ini, para peneliti memberi makan satu kelompok tikus pada jam bangun normal, dan memberi makan kelompok lainnya hanya pada saat jam tidur normal. Hasilnya, kelompok tikus yang hanya diberikan makan pada jam tidur normal mengalami kenaikan kadar trigliserida dalam darah, yang tidak dialami oleh kelompok lainnya.

Kadar trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan masalah kesehatan utama seperti diabetes dan penyakit jantung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam dapat berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Sebaiknya makan malam dilakukan sebelum jam 7 malam, atau paling tidak 3-4 jam sebelum Anda tidur. Ini supaya tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan. Sebab jika Anda makan lalu langsung tidur, makanan yang dimakan belum bisa tercerna secara sempurna, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi pencernaan, seperti gangguan lambung. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration