Selasa, 13 November 2018
Peristiwa

Jalan Rusak, Puluhan Pemuda di Gresik Tambal Jalan Secara Swadaya

Jalan Rusak, Puluhan Pemuda di Gresik Tambal Jalan Secara Swadaya Para pemuda sedang menambal jalan secara swadaya. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Rabu, 31 Januari 2018 - 19:06

TIMESINDONESIA, GRESIK – Belum adanya perbaikan jalan kabupaten yang berada di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur membuat puluhan pemuda setempat memperbaiki jalan secara swadaya.

Jalan yang menghubungkan dua kecamatan yakni Ujungpangkah dan Sidayu tersebut rusak parah. Beberapa jalan berlubang hingga 30 sentimeter. 

Bahkan jika malam hari, banyak penerangan jalan umum (PJU) padam sehingga membahayakan pengguna jalan. 

Rabu (31/1/2018) siang, para pemuda dari Karang Taruna Padamu Negeri Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah memperbaiki jalan tersebut. Mereka menambal jalan dengan bahan baku seadanya yakni semen bercampur pasir. 

Sebelumnya, mereka sudah pernah lapor terkait rusaknya jalan melalui aplikasi Apalan namun belum ada respon. 

"Sudah banyak yang lapor via aplikasi Apalan tapi gak ada tindakan. Akhirnya kita tambal sendiri dengan uang hasil urunan," kata Abdullah Badik, Pemuda Kartar Padamu Negeri, Desa Pangkahwetan. 

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik, Femmy Husada mengakui masih banyak jalan kabupaten yang rusak. 

"Daerah Gresik utara yang terparah di Ujungpangkah dan Dukun," ujarnya.

Femmy menjelaskan, saat ini pihaknya sedang fokus memperbaiki jalan di wilayah Gresik selatan yang juga rusak parah. Dirinya mengakui, jumlah personel Tim URC yang menangani masalah perbaikan jalan itu terbatas, sehingga personil harus dibagi secara merata. 

"Tim URC saya tarik ke selatan semua, daerah sana juga rusak parah. Jumat depan kita akan ke utara," tambah dia. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration