Ekonomi

Harga Beras Terus Naik, DPR Desak Pemerintah Ambil Langkah Tepat

Harga Beras Terus Naik, DPR Desak Pemerintah Ambil Langkah Tepat Ilustrasi komoditas beras
Kamis, 11 Januari 2018 - 11:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI, Ichsan Firdaus meminta pemerintah segera melakukan langkah-langkah  tepat untuk mengatasi masalah kenaikan harga beras saat ini.

"Salah satu opsi adalah melakukan operasi pasar. Namun operasi pasar tanpa diiringi dengan langkah lain, maka tidak akan berjalan dengan efektif," tegasnya.

Menurutnya, langkah lain tersebut di antaranya bisa dengan memperbaiki data pangan yang selalu bermasalah tiap tahun. Akibatnya membuat pemerintah kurang mampu mengantisipasi gejolak harga beras.

Selain itu, perlu juga dilakukan perbaikan kebijakan pemerintah yang bisa memicu kenaikan harga dan gejolak stok beras nasional.

"Kenaikan harga beras dikhawatirkan akan memicu kenaikan angka inflasi, dan ini menunjukkan bahwa memang benar salah satu penyebab utama naiknya inflasi di Indonesia adalah naiknya harga bahan pangan terutama beras," paparnya.

Politisi Partai Golkar ini meyakini kenaikan harga beras per Januari 2018, khususnya harga beras medium, setidaknya disebabkan oleh beberapa hal. Pertama keraguan akan data naiknya produksi beras yang sangat mempengaruhi kebijakan 2018.

Kedua, adanya kebijakan menteri pertanian yang menganut harga beras medium sehingga menyebabkan kelangkaan beras medium di pasar.  Dan ketiga adalah siklus tanam, di mana biasanya Desember-Februari merupakan masa tanam, sehingga pada jangka waktu bulan tersebut memang merupakan musim paceklik. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

Komentar

Registration