Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Sosial

Wow di Desa ini DD Digunakan untuk Melestarikan Kesenian

Wow di Desa ini DD Digunakan untuk Melestarikan Kesenian Kepala Desa Sumberejo Kec Donomulyo Kab Malang memimpin rapat Rencana Penggunaan Dana Desa di balai desa, Selasa (10/1/2018. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Januari 2018 - 15:11

TIMESINDONESIA, MALANG – Penggunaan Dana Desa (DD) harus terus dipantau oleh berbagai pihak. Termasuk dari kepolisian melalui babinkamtibmas. Mulai dari perencanaan penggunaan hingga penerapan dana desa harus diperlihatkan agar tepat sasaran penggunaan.

Seperti di Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo Kab Malang Jawa Timur yang berencana menggunakan dana desa untuk kesenian. Seperti ludruk manula budaya, pencak silat Giri Mulyo, jaranan campursari Turonggo budaya, jaranan campursari Turonggo Putra, jaranan Ngesti Pandawa, serta shalawat Al Banjari.

Perencanaan itu disampaikan dalam rapat Rencana Penggunaan Dana desa yang digelar di balai desa setempat.

Desa-Sumberejo.jpg

Kepala desa Banjarejo Suliyah mengatakan melestarikan kesenian daerah itu penting, dan bagian dari cinta tanah air. "Melestarikan kesenian daerah juga butuh dana, maka dana desa akan kami gunakan untuk kesenian, seperti memperbaiki alat kesenian yang sudah rusak, juga menambah alat kesenian," ungkapnya, Selasa (9/1/2018).

Bripka Suprianto babinkamtibmas desa Banjarejo turut hadir dalam rapat tersebut. Nampak pula seluruh perangkat desa, ketua grup kesenian serta warga desa. 

Terpisah Kapolsek Donomulyo AKP Sardikan mengaki bangga dengan desa Sumberejo yang terus melestarikan kesenian daerah. 

"Kesenian daerah sesuai dengan norma budaya Indonesia, berbeda dengan tren luar negeri yang banyak tidak sesuai dengan adat ke timuran," tegasnya. (*)

Jurnalis : Suwito (CR-70)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration