Senin, 26 Februari 2018
Peristiwa - Daerah

Profesi Satpam akan Makin Menggiurkan, Ini Alasannya

Profesi Satpam akan Makin Menggiurkan, Ini Alasannya AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi, memberikan apresiasi kepada Satpam berprestasi yang telah menangkap pencuri serta ketrampilan mereka yang diperagakan di depan Kapolres. (FOTO-FOTO: Widodo Irianto/TIMES INDONESIA)
Rabu, 10 Januari 2018 - 11:17

TIMESINDONESIA, JAKARTA – "Yakinlah bahwa lima sampai 10 tahun ke depan profesi satpam akan semakin menggiurkan. Karena peranan dan fungsinya akan semakin dibutuhkan masyarakat," tegas Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi pada sesi Tasyakuran HUT ke 37 di Aula Sanika Satya Wada, Rabu (10/1/2018) siang. 

Itulah sebabnya Kapolres Malang meminta agar mulai sekarang selurut satpam mempersiapkan dengan baik knowledgenya (pengetahuan). "Knowledge sangat penting untuk seorang Satpam agar profesionalismenya terbentuk secara sempurna," katanya. 

Hal lain yang patut untuk dipersiapkan adalah skill atau ketrampilan. Di masa depan , kata Kapolres, berbagai macam perilaku masyarakat dan kejahatan pasti akan terus bervariasi. Satpam harus memiliki skill yang handal untuk menghadapinya.

"Tidak mungkin hanya mengandalkan polisi saja,  karena perbandingan polisi dan masyarakat masih belum ideal, " tuturnya. 

ujung-1-kapolres-malang.widodo.jpg

Untuk itu, satpam harus terampil menggunakan tongkat, borgol, memadamkan kebakaran dan sebagainya. 

"Omong kosong kalau keahlian itu tidak melewati proses latihan. Silahkan berlatih yang sebaik-baiknya," ujarnya. 

Kapolres juga mengingatkan hal penting lainnya yaitu atitude atau perilaku. Disebutkan, perilaku seorang satpam harus benar-benar mencerminkan profesionalismenya.

satpam-simulasi.widodo.jpg

"Bagaimana caranya agar masyarakat bisa menjadikan seorang Satpam sebagai pintu terdepan ketika dibutuhkan, " katanya lagi. 

Dalam acara tasyakuran itu,  Kapolres Malang juga memberikan taliasih bagi satpam berprestasi seperti satpam Universitas Muhammadiyah yang berhasil menangkap pencuri dan satpam yang memimpin dalam peragaan ketrampilan. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration