Peristiwa Internasional

Pesantren Nusantara di Amerika, Ini 11 Program Khususnya

Senin, 22 Januari 2018 - 17:07 | 88.95k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTAPada 27 Januari 2018 nanti, Indonesia mengadakan konser “Satu Hati” pada 18:30 di Kuningan City Ballroom (Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Kuningan Jak-Sel). Konser ini diinisiasi oleh tiga orang. Yakni, H Syamsi Ali, H Raymond Arief (Batavia, Bali), dan H Muslim Abdulllah. 

Hasil dana konser yang menghadirkan banyak tokoh musik dan artis ibukota ini akan digunakan untuk membangun Pesantren Nusantara di Amerika Serikat. Hadir pelantun Tombo Ati Opick, Dery Sulaiman, dan sejumlah artis lainnya. TIMES Indonesia, media nasional berjaringan di Indonesia, turut mensupport even mulia ini. Seperti apa latar belakangnya. Berikut ulasan H Syamsi Ali, tokoh muslim Indonesia di Amerika Serikat.

***

ALHAMDULILLAH, dengan kuasa dan izin Allah, serta kebaikan hati beberapa hamba Allah, sebuah lokasi telah kita miliki. Pembayaran awal (DP) telah dibayarkan pada bulan Desember lalu. Selebihnya akan diangsur dalam masa dua tahun ke depan.

Lokasi ini memang dahulunya adalah sekolah untuk anak-anak yang berkepentingan khusus (anak-anak berkepentingan khusus atau cacat). Sekolah ini kemudian ditutup. Sekitar tahun 2003 lokasi itu dibeli oleh Darul-Ulum, sebuah sekolah tahfiz Al-Quran milik warga Muslim Asia Selatan. Rencananya Darul-Ulum ingin membuka cabang sekolah di lokasi tersebut, namun gagal.

Oleh Darul-Ulum lokasi itu kemudian disewakan kepada sebuah perusahaan peternakan ayam. Namun juga hanya bertahan beberapa waktu dan bangkrut. 

Darul-Ulum kemudian berniat menjual lokasi atau properti tersebut. Akan tetapi harapannya properti itu tetap dimiliki oleh orang Islam, dan juga untuk kepentingan pendidikan Islam. Di sinilah Nusantara Foundation menemukan jalannya untuk membeli properti atau lokasi yang akan dipakai sebagai Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani ini.

Tanah yang seluas 7.4 hektar ini berlokasi di sebuah kota kecil bernama Moodus, negara bagian Connecticut. Daerah ini merupakan destinasi turis, khususnya di musim panas. Selain bukit-bukit dan pegubungan yang indah, juga di sekitarnya terdapat danau yang cantik. Sekitar 7 menit perjalanan dengan mobil dari lokasi pesantren juga terdapat air terjun (water fall) dan Kesel yang menarik, milik mantan seorang bintang film masa lalu.

Rencana Program Pesantren

Berdasar kepada realita Islam di Amerika dan tantangan-tantangannya, pesantren ini akan dibangun dengan rencana-rencana yang terukur dan sesuai. Tentu juga tidak terlepas dari sebuah tuntutan untuk mengenalkan Nusantara dengan segala kekayaan kultur dan alamnya ke Amerika.

Pertama, terbentuknya sistem pendidikan yang all-inklusif (menyeluruh). Yaitu sebuah sekolah yang melingkup kurikulum pesantren, termasuk program tahfidz, ilmu-ilmu agama dan bahasa. Juga tentunya kerikulum Amerika sebagai persyaratan untuk akreditasi.

Kedua, pelatihan Imam dan da’i dari kalangan muallaf, dan warga Muslim Amerika. Kalau selama ini mayoritas imam dan dai di Amerika adalah pendatang, harapan kita di masa depan imam dan dai akan tumbuh dari kalangan warga asli Amerika.

Ketiga, laboratorium dakwah. Yaitu fasilitas yang akan mengkaji metode-metode dakwah inovatif di dunia Barat, sesuai dengan situasi dan kondisi sekitarnya. Laboatorium juga berarti akan ada fasilitas dakwah yang diperlukan oleh para muallaf yang ingin memperdalam Islam secara serius. Laboratorium dakwah ini akan dilengkapi dengan sebuah perpusataakn Islam.

Keempat, family and community Development. Semua bermula dari keluarga. Dan karenanya di lokasi ini akan disediakan berbagai layanan keluarga, dari marriage counseling, family dan youth counseling, hingga ke fasilitas pernikahan itu sendiri.

opik.jpg

Kelima, pesantren exchange program. Pesantren Nusantara juga akan membuka diri untuk mengadakan “sandwich program” atau program pergantian santri dengan pesantren-pesantren di Indonesia. Santri-santri pesantren di Indonesia dapat nyantri selama 2-3 bulan (short boarding program) di Amerika untuk pengembangan wawasan dan bahasa.

Keenam, family and community camp. Lokasi ini juga sangat layak untuk dijadikan perkemahan keluarga maupun komunitas, baik di musim panas (summer) maupun di musim dingin (winter). Lokasi yang luas dengan fasilitas alam yang baik sangat memungkinkan untuk itu.

Ketujuh, fasilitas seminar dan konferensi. Pondok juga akan menyediakan fasilitas seminar dan konferensi dalam bentuk multi-function hall. Nusantara sendiri menyelenggarakan berbagai seminar dalam berbagai subyek berkenaan dengan Islam dan Muslim.

Kedelapan, program pengenalan Nusantara. Di lokasi ini juga akan diprogramkan berbagai kegiatan untuk mengenalkan bumi Nusantara dengan kekayaan alam dan budayanya. Salah satu bentuk program ini adalah pembangunan rumah-rumah tamu (guest house) berbentuk cottage, yang terbangun dalam bentuk rumah-rumah daerah Nusantara.

Kesembilan, untuk sebuah pesantren masjid menjadi pusat dari segala-galanya. Oleh karenanya di lokasi ini akan berdiri sebuah masjid yang juga secara arsitektur bercirikan bentuk Nusantara.

Kesepuluh, ragam out reach and community programs. Selama ini Nusantara telah melakukan berbagai out reach dan community programs termasuk interfaith dialogue, social services, dan presentasi-presentasi Islam ke institusi-institusi pendidikan (universitas, dll) maupun rumah-rumah ibadah. Semua ini akan menjadi program penting di pondok “Nur Inka Nusantara Madani”. 

Kesebelas, summer programs dan kursus-kursus singkat. Berbagai program kursus juga akan diadakan di pondok ini, termasuk kursus intensif bahasa Inggris dengan instruktur dari kalangan native speaking teachers.

Itulah sekilas gambaran program yang akan dicanangkan oleh pondok Inka Nusantara Madani Amerika Serikat. Program-program ini dicanangkan dengan tujuan memberikan manfaat besar bagi komunitas Muslim Amerika dan bagi pengenalan Nusantara di Amerika Serikat.

Lalu bagaimana dengan rencana pembangunannya? Bagaimana pula dengan pendanaan yang diperlukan? (bersambung)

* Penulis adalah Presiden Nusantara Foundation

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES