Kamis, 22 Februari 2018
Peristiwa - Daerah Bondowoso Republik Kopi

Kampung Kopi Bondowoso, Inspirasi Gerakan Ekonomi Rakyat

Kampung Kopi Bondowoso, Inspirasi Gerakan Ekonomi Rakyat Perempuan Kampung Kopi Pelita sedang memproses kopi dengan metode sederhana. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Senin, 01 Januari 2018 - 03:11

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berdirinya Kampung Kopi Bondowoso di sepanjang Jalan Pelita Bondowoso, Jawa Timur, pada Minggu malam (31/12/2017), jadi momentum istimewa bagi Bondowoso di tahun 2018.

Selain sebagai wujud pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat kopi rakyat, Kampung Kopi ini makin meneguhkan citra Bondowoso sebagai Republik Kopi. Tak heran jika seluruh masyarakat Bondowoso dan Forpimda pun menyambut baik ide dari warga itu.

"Kampung Kopi ini bisa jadi momentum gerakan ekonomi rakyat Bondowoso. Idenya orisinil dan bagus," ucap salah satu petinggi perbankan di Bondowoso.

Bupati Bondowoso H Amin Said Husni bersama Ketua DPRD H Achmad Dhafir, Sekda Hidayat, Kapolres AKBP Taufik HZ, Dandim Letkol Tarmuji, para pimpinan bank, dan para kepala SKPD pun memberi apresiasi positif. Para anggota Forpimda dan perbankan pun sangat mendukung program ini.

BRK-2.jpg

"Saya tadi langsung perintahkan Kadis Pariwisata, Kadis PUPR dan yang lain untuk bahu membahu mendukung. Mulai sektor wisata hingga pelebaran jalan agar lebih representatif,” tandas Amin.

Bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) langsung menyerahkan berbagai bantuan peralatan untuk mendorong perkembangan Kampung Kopi ini. Di antaranya alat giling kopi, rombong serta peralatan lain. Alat itu diserahkan secara bergiliran oleh Forkopimda kepada pengurus paguyuban dan tokoh masyarakat setempat.

“Pada penghujung tahun 2017 dan menyambut Tahun Baru 2018, saya resmikan Kampung Kopi Pelita semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Bupati sambil bersama menekan tombol tanda peresmian. (*)

Pewarta : Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration