Peristiwa - Daerah Bondowoso Republik Kopi

Malam Tahun Baru, Kampung Kopi Berdiri di Bondowoso

Malam Tahun Baru, Kampung Kopi Berdiri di Bondowoso Bupati Bersama Ketua DPRD, Forkopimda dan para Pimpinan SKPD Saat Peresmian Kampung Kopi Pelita. (FOTO: Sofy/ TIMES Indonesia)
Senin, 01 Januari 2018 - 01:46

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada yang istimewa pada malam pergantian tahun di Bondowoso, Jatim, Minggu malam (31/12/2017). Warga sepanjang Jalan Pelita Bondowoso, menyulap daerahnya menjadi Kampung Kopi. Di kawasan ini, warga juga menyulap menjadi pusat kuliner dan oleh-oleh khas Bondowoso. 

Kreativitas warga ini mendapat apresiasi khusus dari bupati dan seluruh Forpimda Bondowoso. Bupati pun berkesempatan meresmikan Kampung Kopi ini. 

Seperti layaknya sebuah perkampungan baru, warga setempat dengan swadaya dan penuh kesadaran, menata daerah tersebut layaknya pusat kopi baru di Bondowoso. Tampak di sepanjang jalan tersebut saat ini berdiri sedikitnya 27 kedai kopi dan pusat oleh-oleh khas Bondowoso.

Bupati Bondowoso H Amin Said Husni yang hadir langsung didampingi Ketua DPRD H Achmad Dhafir, Sekda Hidayat, Kapolres AKBP Taufik HZ, Dandim Letkol Tarmuji serta para pimpinan bank, dan para kepala SKPD, berjalan menyususi kedai kopi. Mereka pun  sesekali mencicipi sajian para pengelola kopi dan berbincang dengan pemiliknya.

Kampung-Kopi-AB.jpg

Bahkan, dalam kesempatan tersebut beberapa warga setempat sengaja menunjukkan tata cara pengolahan kopi secara tradisional. Mereka menunjukkan cara membikin kopi yang dilakukan oleh para pendahulu mereka dengan menggunakan alat sangrai tradisional. Warga menggunakan lesung untuk menumbuk kopi  menjadi bubuk. Alat ayak tradisional untuk mendapatkan bubuk terhalus dan siap saji juga didemokan warga.

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration