Kamis, 22 Februari 2018
Peristiwa - Daerah Bondowoso Republik Kopi

Jika Jogja Punya Malioboro, Bupati Amin: Bondowoso Punya Pelita

Jika Jogja Punya Malioboro, Bupati Amin: Bondowoso Punya Pelita Perempuan Kampung Kopi Pelita sedang memproses kopi dengan metode sederhana. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Senin, 01 Januari 2018 - 08:39

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, mendaulat Kampung Kopi Pelita di Jalan Pelita sebagai salah satu kawasan wisata kopi baru di Kabupaten setempat. 

"Kalau Jogjakarta punya Malioboro, maka Jalan Pelita akan jadi Malioboronya Bondowoso," tutur Amin saat peresmian Kampung Kopi Pelita, Minggu (31/12/2017) malam. 

Amin juga mengapresiasi kreatifitas warga Kampung Pelita yang secara sukarela dan gotong royong menjadikan wilayahnya sebagai wisata kopi yang kini bisa jadi jujukan baru para wisatawan, "Dimana-mana yang mahal idenya. Nanti boleh saja diikuti oleh daerah-daerah yang lain tapi nama mereka adalah followers. Yang menciptakan adalah orang-orang di Kampung Pelita ini," katanya. 

Saat ini, ada 27 cafe atau kedai kopi berdiri disepanjang Kampung Pelita. Pertumbuhan pesat sektor hilir di Kampung Pelita menurut Amin, dilatarbelakangi semangat warga yang pro aktif dalam menerjemahkan branding city Bondowoso Republik Kopi. 

"Beberapa bulan yang saya dapat laporan masih ada 6 atau 7 yang berdiri disepanjang Jalan ini. Tapi kini sudah ada 27. Ini luar biasa," ujarnya. 

Ketua Paguyuban Kampung Kopi Pelita, Heru Sukamto, mengatakan berdirinya Kampung Kopi Pelita terinspirasi dari gagasan BRK yang diusung Bupati Amin. Dari situ kata dia, segenap warga dari kalangan muda hingga tua ikut berpartisipasi mewujudkan kampung tersebut sebagai Kampung Kopi pertama di Bondowoso. 
"Kami terinspirasi dari tekad Bupati, Amin Said Husni, yang menjadikan Bondowoso sebagai Republik Kopi," katanya. 

Sebagai Kampung Kopi yang baru saja berdiri, Pelita kata Heru, ibarat bayi yang baru saja lahir dan praktis membutuhkan bimbingan dan dorongan dari Pemerintah.

"Untuk itu, kami berharap dorongan dan dukungan menjadikan kawasan Kampung Kopi Pelita sebagai salah satu tujuan wisata baru di Kabupaten Bondowoso," ujarnya. 

Jalan Pelita sendiri terletak disebelah Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bondowoso. Di Jalan ini, tinggal beberapa pejabat Pemkab Bondowoso, diantaranya Sekda Hidayat serta Kepala Dinas PUPR, Karna Suswandi.

Dalam acara tersebut, Amin ditemani Ketua DPRD Achmad Dhafir, Kapolres Bondowoso AKBP Taufik HZ, Dandim Bondowoso Letkol Tarmuji, dan Sekda Bondowoso Hidayat, diajak berkeliling Kampung sambil menikmati kopi dan jajanan khas Republik Kopi. (*)

Pewarta : Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration