Kamis, 22 Februari 2018
Peristiwa - Daerah Bondowoso Republik Kopi

Bondowoso Kini Punya Kampung Kopi Pelita

Bondowoso Kini Punya Kampung Kopi Pelita Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, saat memberikan sambutan pada peresmian Kampung Kopi Pelita. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Senin, 01 Januari 2018 - 00:53

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca dideklarasikannya Bondowoso Republik Kopi pada Mei 2016 lalu, pertumbuhan sektor kopi di Kabupaten Bondowoso mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan menjamurnya ratusan kedai atau warung dipenjuru Kabupaten setempat.

Dipenghujung tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso atas inisiatif masyarakat, meresmikan Jalan Pelita sebagai Kampung Kopi pertama. 

"Ibarat sebuah bayi, Kampung Kopi Pelita ini butuh bimbingan banyak dari semua pihak," tutur Ketua Paguyuban Kampung Kopi Pelita, Heru Sukamto, Minggu (31/12/2017) malam. 

Ia menambahkan berdirinya Kampung Kopi pertama di Bondowoso ini dilatarbelakangi semangat warga Kampung Pelita yang mendukung penuh gagasan Bondowoso Republik Kopi yang diusung Bupati Amin Said Husni. Sejak deklarasi pada 2016 lalu kata dia, sudah 27 kedai atau warung kopi berdiri disepanjang Jalan Pelita.

Kampung-Kopi-B.jpg

"Terima kasih bapak Bupati. Ini adalah bentuk dukungan bahwa Bondowoso memang sebuah Republik Kopi," katanya.

Amin yang hadir langsung dalam acara tersebut bersama Ketua DPRD dan Forkopimda, mengapresiasi inisiatif warga Kampung Pelita. Menurut dia, pertumbuhan kopi yang cukup Kampung Pelita cukup pesat dikarenakan warga Kampung tersebut pro aktif dalam menerjemahkan visi dan Pemerintah. 

"Bulan lalu saya dapat informasi dari Sekda (Hidayat) masih ada 6 atau 7 cafe tapi sekarang ada 27 cafe yang tumbuh di Kampung sini," katanya.

Kampung-Kopi-C.jpg

Amin mengatakan jika setiap daerah mempunyai kawasan wisata seperti Malioboro di Yogyakarta, maka kata dia, Kampung Kopi Pelita menjadi tujuan wisata baru di Bondowoso. 

"Kalau Jogja punya Malioboro, sekarang Kampung Kopi Pelita jadi Malioboronya Bondowoso," ujar Amin. 

Bupati asal Madura yang kepemimpinannya akan berakhir pada pertengahan 2018 ini juga mengaku bangga karena kopi Bondowoso kini tumbuh tidak hanya dihulu tapi juga pesat dihilir. 

"Dipenghujung tahun 2017 ini, saya bangga bisa menyaksikan diresmikannya Jalan Pelita menjadi sebuah Kampung Kopi Pelit di Kabupaten Bondowoso." 

Dalam acara tersebut, Amin ditemani Ketua DPRD Achmad Dhafir, Kapolres Bondowoso AKBP Taufik HZ, Dandim Bondowoso Letkol Tarmuji, dan Sekda Bondowoso Hidayat, diajak berkeliling Kampung sambil menikmati kopi dan jajanan khas Republik Kopi.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Bondowoso juga memberikan beberapa mesin produksi kepada Paguyuban Kampung Kopi Pelita. (*)

Pewarta : Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration