Minggu, 19 Agustus 2018
Olahraga

JSC, dari Rawa-Rawa Menjadi Komplek Olahraga Termegah

JSC, dari Rawa-Rawa Menjadi Komplek Olahraga Termegah Tanpak dari atas Pembangunan Tambahan Penginapan Atlet Asian Games (FOTO: KONI Sumsel For TIMES Indonesia)
Sabtu, 13 Januari 2018 - 16:27

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Putra daerah Sumatera Selatan yang kini menjabat sebagai Direktur Utama TVRI, Helmi Yahya kagum dengan perubahan kawasan Jakabaring. Hal itu diungkapkannya saat ia mendampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengisi siaran langsung talk show Road to Asian Games 2018 pada program "Semangat Pagi Indonesia", Sabtu (13/01/2018).

Persis di Kawasan Olahraga Jakabaring, tepatnya di Halaman Depan Stadion Utama JSC, siaran langsung berjalan seru.  Dalam bincang-bincang hangat tersebut Alex mengatakan untuk semua venue yang ada di dalam JSC, rata-rata sudah selesai hanya tinggal landscapenya saja. 

"Dari 13 cabang olahraga yang diselenggarakan di Kota Palembang, semua rata-rata 100 persen secara fisik sudah selesai tinggal landscape nya saja mulai dari rumput hingga pohon-pohon," ungkapnya.

Menurutnya, pesta olahraga bangsa-bangsa dari 45 negara Asia yaitu Asian Games 2018, sudah membawa nama Provinsi Sumatera Selatan ke tingkat dunia. 

"Kami terpilih karena Jakabaring telah digunakan untuk penyelenggaraan event olahraga mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, 3rd Islamic Solidarity Games dengan peserta 52 negara, 17th Association of South East Asian Nations (ASEAN) University Games pada, dan sejak saat itu hampir 40 event olahraga bertaraf Asia, Asia Pacifik bahkan dunia bermain di JSC," kata mantan Bupati Muba ini.

Usai Sea Games 2011 lalu penerbangan meningkat ada 39 kali Penerbangan Jakarta-Palembang dalam sehari. Sumsel berkembang cukup pesat mulai dari hotel dan restoran yang bertambah dari hari ke hari, sampai penenun songket yang terus mendapat pesanan.

"Mungkin belum banyak yang tahu dalam satu hari melalui bandara, pempek itu keluar dari Kota Palembang 6,5 ton per hari," tambahnya 

"TVRI jangan ketinggal momen ini. TVRI harus jadi yang pertama, sebab Asian Games 1962 lalu hanya TVRI yang menyiarkan, tetapi sekarang banyak persaingan. Insha Allah TVRI akan menyiarkan kembali Asian Games nanti," ujar Alex. 

Sementara Direktur Utama TVRI Pusat Helmi Yahya yang juga merupakan putra asli daerah Provinsi Sumsel, mengaku kaget dengan kondisi Jakabaring saat ini. Helmi bercerita, dulu Jakabaring ini adalah tempat ia bermain waktu kecil. Perbedaanya dari dulu betul-betul membuatnya terpukau. 

"JSC ini kan dulu kalau kami menyebutnya tempat jin buang anak, nangkep kodok dulu disini. Dan hari ini saya sangat terpukau. Sekarang sangat luar biasa, sampai bisa ada Asian Games. Saya tahu pak Alex, saya yakin Palembang sangat siap dan membanggakan kita semua," tambahnya. (*)

Jurnalis : Fathur Rochman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration