Peristiwa Daerah

Waspada! Hujan dan Angin Kencang Terjang Banyuwangi

Rabu, 10 Januari 2018 - 19:28 | 33.17k
ILUSTRASI - Pohon tumbang karena cuaca buruk (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Pohon tumbang karena cuaca buruk (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Hujan dengan disertai angin kencang, diperkirakan akan melanda wilayah Kabupaten Banyuwangi sampai awal Maret 2018.

Oleh karena itu, masyarakat atau warga yang disekitar rumahnya terdapat pohon yang sudah tua dan rapuh, diimbau untuk menebangnya agar tidak membahayakan.

"Yang terpenting juga pohon itu milik sendiri, bukan milik pemerintah atau milik orang lain," ungkap, Eka Muharam,  Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi, kepada TIMES Indonesia, Rabu (10/1/2018).

Eka mengatakan, pihaknya juga sudah mengirimkan surat edaran ke pihak kecamatan se Kabupaten Banyuwangi terkait hal tersebut.

"Kami dapat surat peringatan dini dari BMKG, bahwa musim hujan saat ini banyak menimbulkan potensi bencana, seperti angin kencang, banjir dan longsor. Maka hal itu langsung kita sampaikan ke seluruh kecamatan untuk disosialisasikan ke masyarakat," ungkapnya.

Menurut Eka, pihaknya juga sudah mengidentifikasi daerah rawan bencana seperti banjir dan longsor. Untuk itu, BPBD sudah menaruh petugas di tiap kecamatan sebagai upaya memperkuat kordinasi dengan pihak kecamatan.

Selain itu pihak BPBD juga sudah membuka kembali posko siaga darurat yang diisi dari unsur relawan, BPBD dan SKPD, yang siaga selama 24 jam.

"Posko siaga darurat penanggulangan bencana ini berada di kantor BPBD. Fungsinya untuk merespon secara cepat jika ada bencana," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES