Selasa, 13 November 2018
Pendidikan

Aplikasikan Ilmu, Mahasiswa KKN Ditempatkan di Pesantren

Aplikasikan Ilmu, Mahasiswa KKN Ditempatkan di Pesantren Rektor Universitas Jember Moh. Hasan melepas mahasiswa peserta KKN di Gedung Soetardjo. (FOTO: Dody/Times Indonesia)
Rabu, 10 Januari 2018 - 16:26

TIMESINDONESIA, JEMBER – Universitas Jember menerjunkan 789 mahasiswa untuk melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode I tahun akademik 2017/2018 untuk ditempatkan di Kabupaten Jember dan Bondowoso. Menariknya pada KKN periode ini untuk sebagian mahasiswa merupakan peserta KKN tematik Universitas Membangun Desa (UMD) di lingkungan Pesantren.

“Tidak bisa dipungkiri keberadaan Universitas Jember tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan pesantren. Oleh karena itu tahun ini melalui KKN tematik yang berbasis pesantren kami mencoba untuk turut andil dalam mengembangkan pesantren yang berada di sekitar wilayah Universitas Jember. KKN berbasis pemberdayaan pesantren ini adalah yang pertama kalinya dan di kampus lain belum ada,” ujar Prof. Achmad Subagio, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jember.

Dalam upacara pelepasan para mahasiswa peserta KKN yang berlangsung di gedung Soetardjo, Rabu, (10/1/2018) Subagio mengatakan, dari 79 kelompok yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Jember dan 6 Kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Ada dua kelompok peserta yang nantinya akan bermukim di pesantren. Mereka akan didampingi oleh 17 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“Untuk langkah awal yang ditempatkan di pesantren sementara ini hanya dua kelompok pada pesantren yang berbeda yaitu di Ponpes Miftahul Ulum di Desa Glagawero, Kecamatan Kalisat dan Ponpes Nurul Kurnai’in Desa Baletbaru, Kecamatan Sukowono. Mereka nantinya akan belajar di pesantren dan mengaplikasikan keilmuan yang mereka miliki,” imbuh Subagio.

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration