Senin, 26 Februari 2018
Opini

Plagiasi itu Kejahatan Akademik

Plagiasi itu Kejahatan Akademik Hayat (Desaign: TIMES Indonesia)
Rabu, 27 Desember 2017 - 10:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi masyarakat akademik saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Terutama kalangan mahasiswa yang notabene adalah masyarakat ilmiah dengan berbagai tuntutan, kebutuhan dan kepentingan yang melekat dalam dirinya, yaitu tugas-tugas kuliah, karya tulis ilmiah, dan hal lainnya yang berkaitan dengan tugas akademiknya. 

Bahkan tidak tanggung-tanggung, bisa setiap hari para mahasiswa bercengkrama dengan karya tulis, berdialog dengan buku, artikel, makalah, dan lain sebagainya.

Bagitu juga para dosen dan para stakeholder akademisi di dalamnya. Pasti tidak lepas dari hal tulis menulis, membaca, karya tulis ilmiah, artikel, jurnal, dan hal lainnya yang berdekatan dengan tugas dan fungsinya, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Sebagai masyarakat ilmiah, tentunya harus menjunjung tinggi nilai-nilai akademiknya. Menghargai karya orang lain dengan cara mensitasinya atau mereferensi karayanya. Mengutip dengan cara-cara yang baik dan sopan. Serta menghormati hasil karya orang lain dengan cara menuliskannya dengan cara-cara yang baik pula. Bukan copy paste, kemudian diakui sebagai karya sendiri. Atau diplagiasi dan diakui sebagai karyanya sendiri.

Pewarta :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration