Senin, 26 Februari 2018
Opini

Mau Berkualitas, Bacalah!

Mau Berkualitas, Bacalah! Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang. (Grafis: TIMES Indonesia)
Rabu, 27 Desember 2017 - 09:16

TIMESINDONESIA, MALANG – Memang sistem pendidikan di Indonesia masih tertinggal dengan Negara-negara maju, bahkan dengan Negara tetanggapun seperti Singapura Indonesia masih dibawahnya. 

Hal ini diukur dari daya saing lulusan yang dihasilkan dari pendidikan di Indonesia. Namun demikian, bukan berarti pendidikan di Indonesia jalan ditempat, pemerintah Indonesia melalui Kemristekdikti, Kemendikbud, dan Kemenag senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan sehingga manusia Indonesia semakin maju dan berdaya saing tinggi. 

Banyaknya jumlah penduduk mengakibatkan persentase Indonesia selalu rendah jika dibanding dengan Negara-negara tetangga seperti Singapura tersebut. 

Berbagai upaya peningkatan daya saing bangsa melalui jenjang pendidikan mulai tingkat dasar sampai pendidikan tinggi dari tiga kementerian tersebut secara simultan terus dilakukan. Mulai dari upgrading guru dan dosen, pemenuhan fasilitas pendidikan, layanan pendidikan untuk semua, dan peningkatan jaminan mutu pendidikan. 

Pelan namun pasti masyarakat Indonesia semakin maju dan secara statistik senantiasa meningkat positif persentasenya, mulai dari publikasi internasional, kompetensi guru dan dosen, dan daya saing lulusan. 

Dari semua usaha pemerintah Indonesia tersebut, sebagai warga Negara yang baik harus mengimbangi dengan terus meningkatkan kualitas pribadi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Salah satunya adalah ikhtiar untuk meningkatkan kualitas literasi yaitu membaca dan menulis.

Pewarta : Muhammad Yunus (CR-057)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration