Selasa, 13 November 2018
Kesehatan

Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berenang Bisa Berbahaya Lho

Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berenang Bisa Berbahaya Lho ILUSTRASI. Berenang. (FOTO: leisurecentre.com)
Minggu, 07 Januari 2018 - 04:31

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berenang memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak, Anda juga bisa melepas penat dengan bermain air. Meski menyenangkan, ternyata Anda tidak boleh sembarangan saat berenag. Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari konsumsi makanan ini sebelum melakukannya.

Makanan Pedas
Saat kita berenang, tubuh berada dalam posisi horizontal sehingga memungkinkan asam lambung untuk naik kembali ke kerongkongan. Padahal, mengkonsumsi makanan pedas bisa membuat produksi asam lambung meningkat. Agar tidak mudah mengalami masalah asam lambung yang membuat berenang menjadi tidak nyaman, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi makanan pedas sebelum melakukan olahraga air ini.

Es Krim
Meskipun rasanya sangat enak, es krim termasuk dalam makanan yang tinggi lemak. Yang menjadi masalah adalah, kandungan lemak ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau rasa tidak nyaman pada perut saat berenang.

Kacang
Kacang kaya akan serat yang sebenarnya baik bagi pencernaan. Namun, jika kita mengkonsumsinya sebelum berenang, perut akan terasa penuh dan kembung. Tak hanya itu, resiko untuk terkena kram perut saat melakukannya juga akan meningkat.

Kopi
Bukannya menambah energi saat berenang, minum kopi justru akan membuat kita rentan mengalami mual atau diare saat melakukannya. Tubuh juga akan kehilangan cukup banyak cairan tubuh sehingga dikhawatirkan kita akan mengalami dehidrasi.

Minuman Bersoda
Jangan mengkonsumsi minuman manis layaknya minuman bersoda sebelum berenang karena bisa membuat perut sangat tidak nyaman saat berenang. Hal ini juga berlaku bagi jus buah. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration