Kesehatan

Ini Alasannya Bayi Belum Perlu Minum Air Putih

Jumat, 05 Januari 2018 - 05:31 | 46.67k
ILUSTRASI. Bayi minum air putih. (FOTO: solusisehatku.com)
ILUSTRASI. Bayi minum air putih. (FOTO: solusisehatku.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Air putih adalah salah satu minuman paling sehat yang bisa dikonsumsi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi bayi. Mengapa? Jika kita memberikan air putih bagi bayi, hal ini dapat berakibat fatal. Bisa jadi mereka akan mengalami gangguan kesehatan atau bahkan bisa memicu kematian.

Pakar kesehatan seperti yang dilansir dari Dokter Sehat menyebutkan bahwa jika bayi sampai minum air putih, maka Ia akan mengalami penurunan kadar natrium dalam tubuh yang bisa berimbas pada sulitnya nutrisi lainnya diserap oleh tubuhnya. Jika sampai hal ini terjadi, tubuhnya berisiko akan mengalami kejang-kejang dan bisa berimbas pada kematian.

Karena alasan kesehatan bayi, pakar kesehatan Danielle Stringer dari Childnurse.com hanya merekomendasikan ASI bagi bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Selain itu, bayi juga bisa mendapatkan susu formula jika memang ibu kesulitan menyediakan ASI dengan cukup. Untuk asupan lainnya, termasuk air putih, ada baiknya bayi tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu.

Stringer menjelaskan mengapa air putih tidak dianjurkan untuk bayi. Ia menyebutkan bahwa sel-sel tubuh bayi akan menyerap air tersebut dan akhirnya menyebabkan pembengkakan, yang sayangnya juga terjadi pada otak dan akhirnya memicu gejala kesehatan yang sangat berbahaya tersebut.

Meski bayi tidak minum air putih, ibu tidak perlu mengkhawatirkannya karena 88 persen kandungan ASI adalah air sehingga tentu akan tidak mudah terkena dehidrasi. Selain itu, ASI juga memiliki kandungan lain dengan komposisi yang pas bagi kebutuhan bayi sehingga mereka pun bisa tumbuh dengan sehat dan maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES