Minggu, 19 Agustus 2018
Peristiwa

Penutupan Pagelaran Seni Pendalungan Ditutup Meriah

Penutupan Pagelaran Seni Pendalungan Ditutup Meriah Bupati Jember dr Faida (tengah) saat memimpin Senam Pendalungan di tengah-tengah masyarakat Jember di Alun-Alun Tanggul semalam. (FOTO: Dody/TIMES Indonesia)
Jum'at, 29 Desember 2017 - 08:04

TIMESINDONESIA, JEMEER – Rangkaian pagelaran seni budaya Pendalungan Jember yang digelar sejak sepekan ini akhirnya usai. Bupati Jember dr Faida bersama masyarakat menutup pagelaran tersebut dengan meriah.

Penutupan pagelaran seni budaya Pendalungan yang diadakan di Alun-Alun Tanggul, Jember, Jawa Timur pada Kamis malam, (28/12/2107) kemarin. Ribuan masyarakat Jember tumplek blek di lokasi acara. Kebanyakan datang bersama keluarga atau teman hanya untuk menyaksikan beragam penampilan seni Pendalungan di panggung.

Penampilan seni Pendalungan tersebut dibawakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar hingga masyarakat umum. Penampilan seni yang dibawakan juga beragam. Mulai dari tari-tarian, hadrah, hingga musik patrol khas Jember.

Budayawan Jember Ilham Zoebazary menerangkan bahwa seni budaya Pendalungan merupakan kebudayaan campuran dari beragam budaya dari ras atau suku di Indonesia.

Senam-Pendalungan.dody.jpg

"Istilah kerennya mix people and mix culture," kata Ilham saat diminta untuk menerangkan tentang kebudayaan Pendalungan kepada masyarakat di atas panggung semalam.

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration