Selasa, 13 November 2018
Peristiwa Natal dan Tahun Baru 2018

Pangdam Brawijaya dan Kapolda Jatim Kompak Puji Kerukunan Umat di Banyuwangi

Pangdam Brawijaya dan Kapolda Jatim Kompak Puji Kerukunan Umat di Banyuwangi Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman (kanan) dan Kapolda Jatim Irjen (Pol) Machfud Arifin memantau pengamanan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Selasa, 26 Desember 2017 - 18:27

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kepala Polisi Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen (Pol) Machfud Arifin bersama Panglima Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman datang ke Banyuwangi, Selasa (26/12/2017).

Kunjungan itu dalam rangka meninjau pengamanan di musim liburan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di titik-titik obyek vital, obyek pariwisata, dan tempat peribadatan. Keduanya memuji kerukunan antar umat beragama yang ada di Banyuwangi, sehingga potensi terjadinya kekacauan terminimalisir.

"Saya bangga dengan keharmonisan antar umat beragama di Banyuwangi. Kekompakan antar elemen dalam menjaga pelaksanaan Natal seperti yang dilakukan Banser dan lainnya, ini patut diapresiasi sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga keamanan sekaligus kerukunan," kata Machfud Arifin saat berada di Gereja Maria Ratu Damai Banyuwangi.

Menurut Machfud, kerukunan dan kekompakan tersebut menjadikan pelaksanaan misa Natal 2017 di Banyuwangi khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya, berlangsung aman.

"Sampai saat ini, semua misa Natal gereja berlangsung aman. Tidak ada kejadian yang menonjol," kata Machfud lagi.

Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman juga menyampaikan apresiasinya pada kerukunan yang tercipta di Banyuwangi. Menurutnya, sinergitas menjadi kunci penting dalam menjaga keamanan.

"Kami bersinergi dengan pihak kepolisian. Semua unit kami on call jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan pengamanan," kata Arif Rahman.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko yang turut dalam kunjungan tersebut, mengucapkan terima kasih atas perhatian besar dari pihak Polri/TNI. Banyuwangi yang kini menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan pariwisata, memang harus dijaga tingkat keamanannya.

"Saya mengawakili Pemda Banyuwangi, mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Ini merupakan bentuk perhatian dari pihak Kepolisian dan TNI dalam menjaga Banyuwangi," ujarnya. (*)

Jurnalis : Ahmad Suudi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration