Minggu, 19 Agustus 2018
Peristiwa - Daerah

PBNU Sesalkan Pencegahan Abdul Somad Ceramah di Hongkong

PBNU Sesalkan Pencegahan Abdul Somad Ceramah di Hongkong Robikin Emhas (FOTO: TIMES Indonesia)
Selasa, 26 Desember 2017 - 15:54

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua PBNU, Robikin Emhas menyesalkan pencegahan Ustad Abdul Somad untuk ceramah di Hongkong.

"Saya menyesal Ustad Abdul Somad gagal ceramah, namun apa boleh buat itu sepenuhnya kewenangan pemerintah setempat. Kita tak bisa menyalahkan," katanya dalam sebuah pesan singkatnya, Selasa (26/12).

Mungkin, menurut dia, tindakan pemerintah setempat merupakan bentuk proteksi atas warga negaranya sesuai sistem politik dan kebudayaan yang dianutnya.

"Kita ambil hikmahnya. Bersyukur kegiatan keagamaan yang direncanakan tetap berjalan dengan penceramah kondang dari Indonesia lainnya, yakni Ust. Anwar Zahid sehingga syiar Islam tetap berlangsung sebagaimana mestinya," tambahnya.

Dia juga berharap peristiwa tersebut tidak digoreng dengan melempar fitnah ke sana kemari. Termasuk fitnah yang menyiratkan KH. Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU, ikut andil bagian terjadinya peristiwa itu, sebagaimana berita hoax yang beredar di medsos.

"Saya tegaskan, itu fitnah yang keji. Tak mungkin KH. Said Aqil Siroj melakukan tindakan itu," tegasnya.

Menurut dia, KH. Said Aqil Siroj adalah tokoh yang selalu mengajarkan bahwa amar ma’ruf harus dilakukan dengan cara yang ma’ruf. Begitu juga nahi munkar, harus dilakukan dengan cara yang ma’ruf pula.

"Ini adalah metode dakwah yang dijunjung tinggi di kalangan Nahdlatul Ulama," pungkasnya. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration