Peristiwa Daerah

Si Sobat Kerek Kualitas Servive Pelanggan Semen, Siapa Dia?

Senin, 25 Desember 2017 - 15:20 | 32.80k
Semen Gresik meluncurkan program Sobat atau kepanjangan dari Sopir Hebat ditujukan untuk pengendara ekspeditur Semen Gresik, Jumat (22/12/2017) ( FOTO: Istimewa)
Semen Gresik meluncurkan program Sobat atau kepanjangan dari Sopir Hebat ditujukan untuk pengendara ekspeditur Semen Gresik, Jumat (22/12/2017) ( FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Persaingan yang semakin sengit dan maraknya penetrasi produsen semen asing di Indonesia, Semen Gresik, berusaha terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Mereka menggunakan strategi move closer to the customer. 

Infrastruktur distribusi seperti pabrik, packing plant, dan gudang penyangga, untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah di Indonesia. Khususnya dalam hal ketepatan waktu. 

Selain penyiapan infrastruktur distribusi, Semen Gresik juga memperhatikan entitas pelaksana distribusi. Salah satunya adalah pengendara.

Launching-Sobat-Semen-Gresik.jpg

Untuk mewujudkan ini, Jumat (22/12/2017), Semen Gresik meluncurkan program Sobat atau kepanjangan dari Sopir Hebat yang ditujukan untuk pengendara ekspeditur Semen Gresik.

 Kepala Departemen Penjualan Semen Gresik, Dadan Duparman, kepada TIMES Indonesia Senin (25/12/2017) menjelaskan, Program Sobat merupakan program loyalitas berbasis digital dan marketing approach untuk para pengendara kendaraan ekspeditur. 

Selama periode yang ditentukan, setiap bulan para pengendara akan memperoleh poin berdasarkan kinerja pengirimannya. Poin yang terkumpul akan dikompetisikan melalui mekanisme ranking dan undian. 

Para peserta berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dengan total hadiah mencapai 179 unit. 

"Semakin tinggi kinerjanya, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan hadiah," ungkapnya.

Dadan menambahkan, program terasebut adalah salah satu bentuk apresiasi kepada pengendara ekspeditur. Program ini juga sebagai wujud terima kasih sekaligus bentuk kepedulian sosial Semen Gresik atas kinerja para pengendara yang turut mendukung kinerja penjualan produk Semen Gresik. 

Sampai dengan November 2017, Semen Gresik memiliki lebih dari 22 ribu pelanggan toko dengan total realisasi penjualan sebesar 14,08 juta ton dengan penguasaan pangsa pasar di Indonesia sebesar 23,2%. 

"Hal tersebut dapat terwujud juga berkat usaha para pengendara ekspeditur dalam memastikan pendistribusian semen sampai ke pelanggan dengan tepat waktu," tambahnya.

Disediakan berbagai alternatif dalam mengakses program dan mengecek jumlah perolehan poin. Setiap pengendara tambah Dadan, mereka dapat mengunduh aplikasi mobile di smartphone masing-masing, mengirim sms ke call center, menghubungi call center bebas pulsa, ataupun mengunjungi helpdesk di Cargo Tuban. 

"Dengan berbagai alternatif, mereka dapat mengikuti program dengan mudah dan tidak dibatasi oleh perangkat yang dimiliki," tuturnya.

Melalui program ini, Dadan berharap akan mampu mengoptimalkan kinerja distribusi sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan kualitas hubungan pelanggan yang pada akhirnya mampu mendongkrak volume penjualan ke depannya.

Sementara itu Kepala Departemen Distribusi dan Transportasi Wahyu Purnomo menyampaikan, upaya untuk mencapai supply chain excellence   serta memastikan order dapat dikirim tepat waktu dan tepat jumlah kepada pelanggan. 

"Untuk mendukung upaya tersebut program ini diluncurkan, sekaligus memastikan bahwa target penjualan sebesar 17,18 juta ton di tahun 2018 dapat seluruhnya didistribusikan ke pelanggan," tegas Wahyu.

Pada program ini, lanjut Wahyu, sedikitnya diikuti kurang lebih empat ribu pengendara ekspeditur. Untuk memaksimalkan efektivitas dari program ini, maka diharapkan semua pengendara ekspeditur khususnya dari Kabupaten Tuban dan Rembang dapat seluruhnya berpartisipasi.

Di sisi lain, Wahyu menambahkan bahwa program itu juga diharapkan mampu memberikan safety awareness kepada pengendara yang saat ini masih cenderung lemah. 

Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk sidak on the spot yang dilakukan bersama-sama dengan Biro Keselamatan Kerja dan Kebersihan (K3) Pabrik Tuban dan Gresik, dengan reward menarik bagi mereka yang mematuhi standar K3 di lingkungan pabrik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES