Senin, 17 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Amunisi dan Benda Rakitan Ditemukan di Dermaga Ketapang

Amunisi dan Benda Rakitan Ditemukan di Dermaga Ketapang Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya menunjukkan amunisi yang ditemukan prajuritnya di dermaga Pelabuhan Ketapang. (FOTO: Ahmad Suudi /TIMES Indonesia)
Jum'at, 22 Desember 2017 - 15:32

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jelang perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi menemukan 177 butir amunisi kaliber 5,56 dan satu benda elektronika rakitan yang mencurigakan.

Hal itu disampaikan Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya saat press release di Markas Lanal Banyuwangi, di Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/12/2017). Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Banyuwangi dalam mendalami kasus tersebut, untuk menghasilkan informasi lebih lengkap.

"Dugaan benda rakitan ini bom atau bukan, sementara masih didalami. Sedangkan amunisinya masih aktif. Jenis ini yang biasa dipakai di instansi TNI," kata Letkol Laut Suhartaya.

Penemuan-Amunusi-A.jpg

Amunisi dan benda mencurigakan itu sendiri ditemukan di bawah dermaga ponton, Pelabuhan Ketapang, saat digelar patroli Selat Bali, Rabu (20/12/2017). Semuanya terbungkus dalam satu kresek hitam, dan berada di dalam kardus warna cokelat yang telah rusak. Air laut yang saat itu surut membuat benda mencurigakan itu mudah ditemukan.

"Kami di bawah koordinasi Polres Banyuwangi membantu menjaga keamanan di perairan Selat Bali karena ada surat permintaan. Secara berkala dilakukan patroli di perairan, terutama di dekat Pelabuhan Ketapang," kata Danlanal asal Boyolali itu.

Ratusan amunisi dan elektronika rakitan mencurigakan itu kini diamankan di Lanal Banyuwangi dan terus dilakukan pendalaman kasus.(*)

Jurnalis : Ahmad Suudi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration