Kesehatan

Mengapa Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

Senin, 18 Desember 2017 - 01:43 | 48.36k
ILUSTRASI. Minum kopi. (FOTO: fitlife.tv)
ILUSTRASI. Minum kopi. (FOTO: fitlife.tv)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa jantung berdebar setelah minum kopi? National Institutes of Health mendefinisikan jantung berdebar-debar atau palpitasi jantung sebagai sensasi detak jantung yang berlangsung lebih cepat dari biasanya. Ketika ini terjadi, jantung memompa darah dan hanya mengalami ketidakteraturan sesaat.

Seperti dilansir dari Hello Sehat, ternyata kopi menjadi salah satu penyebab jantung berdebar lebih cepat dari biasanya. Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan alami bagi tubuh. Saat Anda minum kafein, sistem saraf pusat dirangsang. Hal ini menyebabkan gejala seperti meningkatnya kewaspadaan, sakit kepala, gugup, jantung berdebar-debar, dan pusing.

Setiap orang bereaksi terhadap kafein dengan cara yang berbeda. Beberapa orang tidak mengalami gejala apapun ketika mengonsumsi kafein, tetapi tidak sedikit orang yang mengalami efek samping setelah mengonsumsi kafein.

Kondisi ini bisa bergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak Anda biasa mengonsumsi kafein. Jika Anda tidak terbiasa meminum kopi, maka Anda cenderung mengalami palpitasi jantung. Atau mungkin tubuh Anda memang lebih sensitif terhadap kafein yang memicu reaksi jantung berdebar setelah minum kopi.

Kafein menyebabkan palpitasi jantung karena merangsang sistem saraf pusat Anda. American Heart Association mengatakan, meski jantung Anda memiliki ritme yang teratur, tapi rangsangan saraf bisa mengubah ritme tersebut.

Meskipun kafein dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, pada dasarnya hal ini tidak membahayakan kesehatan. Dilansir dari Livestrong, sekitar 80 cangkir kopi per hari merupakan dosis kafein yang mematikan. Itu artinya, ketika Anda mengonsumsi kopi secukupnya maka kopi bukanlah hal yang membahayakan meskipun menimbulkan palpitasi jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES