Selasa, 13 November 2018
Ekonomi

Ini yang Harus Diketahui Pengusaha Tembakau Sebelum Melakukan Ekspor

Ini yang Harus Diketahui Pengusaha Tembakau Sebelum Melakukan Ekspor ILUSTRASI: Tembakau. (FOTO: TIMES Indonesia)
Minggu, 17 Desember 2017 - 21:35

TIMESINDONESIA, JEMBER – UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau (PSMB-LT) Jember hadir untuk memberikan sejumlah pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yakni pelayanan inspeksi mutu tembakau.

Termasuk di dalam pelayanan tersebut yakni inspeksi proses fumigasi tembakau dengan pH 3 dan inspeksi kontainer. Pelayanan yang diberikan oleh UPT PSMB-LT Jember tersebut telah memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kepala UPT PSMB-LT Jember Siti Andriati Widartien menjelaskan bahwa pelayanan UPT PSMB-LT Jember tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 103 Tahun 2016 Tentang Nomenklatur, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Titin, sapaan Siti, menerangkan bahwa serangkaian kegiatan ekspor tembakau di Indonesia, khususnya di Jawa Timur diawali dari inspeksi proses fumigasi pH 3 untuk membebaskan komoditas tembakau dari hama utama tembakau, yakni Lasioderma sericorne.

Setelah itu, dilanjutkan dengan inspeksi mutu tembakau oleh petugas atau inspektor UPT PSMB-LT Jember sebelum komoditas tembakau diangkut ke dalam kontainer. "Inspektor dari UPT PSMB-LT Jember telah kompeten dan telah dibekali dengan pelatihan," kata Titin kepada TIMES INDONESIA (timesindonesia.co.id), Minggu, (17/12/2017).

Sementara itu, lanjut Titin, kontainer sebagai tempat untuk menampung tembakau yang diekspor harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Di antaranya yakni bebas bau dan tidak bocor.

"Karena kondisi kontainer juga akan mempengaruhi baik buruknya kualitas tembakau yang diekspor ke luar negeri," terangnya.

Titin menuturkan bahwa pihaknya akan mengeluarkan sertifikat untuk komoditas tembakau termasuk kontainer yang telah melewati inspeksi dari UPT PSMB-LT Jember. Sertifikat tersebut akan menyertai komoditas tembakau hingga sampai ke tangan konsumennya di luar negeri.

Lebih lanjut, Titin juga menerangkan bahwa pelayanan inspeksi mutu tembakau yang diberikan UPT PSMB-LT Jember termasuk upaya untuk mendukung pemerintah untuk menggenjot peningkatan ekspor tembakau dari Indonesia yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Sampai saat ini, sejumlah pengusaha tembakau di berbagai daerah telah mempercayakan inspeksi mutu tembakaunya kepada UPT PSMB-LT Jember. Seperti di Jember, Malang, dan Bojonegoro.

"Ekspor dari komoditas tembakau telah memberikan cukai yang tinggi kepada negara. Karena itu tembakau Indonesia yang selama ini dikenal karena kualitasnya yang bagus harus terus dijaga," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration