Gaya Hidup

Mengapa Mata Sembab saat Mengangis?

Kamis, 14 Desember 2017 - 05:25 | 81.61k
ILUSTRASI. Menangis. (FOTO: hipwee.com)
ILUSTRASI. Menangis. (FOTO: hipwee.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda berpikir mengapa seiap selesai menangis mata selalu bengkak atau sembab? Mata bengkak karena menangis adalah hal yang wajar. Hampir semua orang pasti mengalaminya, meski memang besar seberapa besar bengkaknya akan berbeda-beda. Lalu apa penyebabnya?

Dilansir dari Hello Sehat, bengkaknya mata ini dipengaruhi oleh jenis air mata yang Anda teteskan. Air mata memang pada dasarnya adalah air yang dihasilkan oleh kelenjar air mata (kelenjar lakrimalis). Namun, air mata itu sendiri ada 3 bentuk, yaitu air mata basal, air mata refleks, dan air mata emosional.

Apa beda masing-masing bentuk air mata ini? Air mata basal merupakan air mata yang selalu diproduksi agar mata tidak kering. Air mata refleks biasanya dihasilkan ketika mata kelilipan benda asing atau debu dari luar. Sedangkan air mata emosional yaitu air mata yang dihasilkan akibat adanya rangsangan emosi.

Nah, yang biasanya membuat mata bengkak adalah jenis air mata emosi. Air mata yang disebabkan oleh emosi akan dihasilkan dalam jumlah yang banyak dan keluar terus-menerus. Ketika itu terjadi, jaringan kulit di sekitar mata akan menyerap air mata tersebut dan akhirnya terjadi penumpukan air di area mata. Maka dari itu, mata Anda akan terlihat bengkak.

Selain faktor air mata emosional, respon otak juga mempengaruhi hal ini. Jadi, luapan emosi yang Anda rasakan saat itu akan membuat otak meningkatkan aliran darah ke wajah. Hal ini yang membuat mata akan terlihat semakin membengkak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES