Peristiwa - Daerah

Banjir Lumpur di Tiris Terjang Jalan dan Rumah Warga

Banjir Lumpur di Tiris Terjang Jalan dan Rumah Warga Warga bergotong royong membersihkan lumpur yang menutup jalan di Kecamatan Tiris, Kamis (7/12/2017). (FOTO: Dicko W/ TIMES Indonesia)
Kamis, 07 Desember 2017 - 18:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hujan yang mengguyur di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, selama 5 jam, mengakibatkan banjir lumpur.

Adanya banjir lumpur karena ada longsor di kaki Gunung Lamongan, Kabupaten Probolinggo, pada Rabu (6/12/2017) malam.

Akibatnya, akses jalan utama warga tepatnya di Dusun Tancak, Desa Ranuagung, Kecamatan Tiris, tertutup lumpur. Dimana lumupr tersebut mengalir mengikuti arus air hujan dari longsoran tebing di kaki Gunung Lamongan tersebut.

Tak hanya jalan utama warga, namun sejumlah rumah di Desa setempat juga terkena imbas dari longsor yang membawa lumpur.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber di lokasi kejadian, curah hujan yang tinggi juga menyebabkan adanya banjir bandang kecil di daerah aliran sungai setempat, yakni aliran sungai Gunung Lamongan.

Menurut Mursidi, warga setempat, hujan di wilayahnya memang terjadi sejak sore hari hingga malam hari. Lumpur dari longsor kemudian terbawa arus air hujan dan menutup jalan utama.

"Hujannya deras dari sore hingga malam hari. Longsor terjadi di sebuah tebing tepatnya di kaki Gunung Lamongan, yang jaraknya sekitar 10 kilometer dari pemukiman warga di Desa Ranuagung ini,” terang Mulsidi, kepada wrtawan, saat membersihkan lumpur bersama warga lainya.

Saat berita ini dibuat, warga secara bergotong royong melakukan pembersihan lumpur di jalan. Karena sejak terjadinya longsor, jalan utama itu lumpuh total tak bisa dilewati warga.(*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration