Minggu, 23 September 2018
Peristiwa

Cara Ampuh Cegah Gangguan Tiroid Pada Wanita

Cara Ampuh Cegah Gangguan Tiroid Pada Wanita ILUSTRASI: Cegah Gangguan Tiroid (FOTO: momjunction)
Rabu, 13 Desember 2017 - 01:15

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian wanita kurang memperhatikan atau bahkan tidak tahu peran kelenjar tiroid. Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa berat badan Anda berlebihan padahal sedikit makan? Atau teman Anda mengalami keguguran atau sulit hamil?

Bisa jadi hal itu disebabkan gangguan kelenjar tiroid. Peran kelenjar tiroid sangat penting dalam metabolisme manusia. Kelenjar ini lebih banyak bekerja pada reproduksi wanita. Wajar saja bila mengalami gangguan, akan terlihat dampaknya bagi wanita.

Kelenjar tiroid terletak di depan leher dengan dua lobus di kedua sisi tenggorokan. Kelenjar ini dikendalikan oleh kelenjar pituitary yang terletak di bawah otak. Hipofisis merasakan tingkat hormon tiroid dalam aliran darah dan mengeluarkan thyroid stimulating hormone (TSH).

Hormon TSH akan mengaktifkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon  tiroksin (T4) dan triodothyronine (T3). Kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk menghasilkan hormone T3 dan T4. Terlalu banyak atau sedikit mengkonsumsi yodium dapat menyebabkan kerusakan tiroid.

Kerusakan tiroid dimunculkan lewat gondok. Gondok merupakan pembesaran kelenjar tiroid, disebabkan oleh kurangnya konsumsi yodium dan selenium saat makan. Akhirnya, kelenjar terus tumbuh untuk menyaring lebih banyak darah untuk mendapatkan nutrisi dari suplai darah. Hal itu terjadi pada 5% pasien tiroid.

Untuk mengobati atau mencegah gangguan tiroid bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Mengkonsumsi cukup yodium dan vitamin A membantu membalikkan Hypothyroidisme. Anjuran diet yodium (RDA) sebanyak 150 mcg (mikogram) per hari untuk orang dewasa.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : TIMES Indonesia

Komentar

Registration