Peristiwa

Studi Banding ke Banyuwangi, Pemkab Karangasem Disuguhi Mal Pelayanan Publik

Selasa, 12 Desember 2017 - 20:21 | 44.80k
Bupati Anas (baju hitam) dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa di lounge pelayanan publik lingkungan Kantor Bupati Banyuwangi. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Bupati Anas (baju hitam) dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa di lounge pelayanan publik lingkungan Kantor Bupati Banyuwangi. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi untuk studi banding pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa bersama 30 orang jajarannya diterima langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko di lounge pelayanan publik, lingkungan Kantor Bupati Banyuwangi, Selasa (12/12/2017).

“Kami ingin belajar tentang perizinan di Banyuwangi. Kami tertarik melihat secara langsung Mal Pelayanan Publik karena penasaran setelah membaca statemen MenPAN-RB yang mengatakan bahwa Banyuwangi memiliki sistem yang sangat bagus terkait perijinan. Jadi kami pikir Banyuwangi sangat layak jadi jujugan belajar,” kata Wabup Wayan.

“Semoga apa yang kami dapatkan dari sini, bisa kami serap dan terapkan di tempat kami,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan Mal Pelayanan Publik merupakan ikhtiar pemkab mewujudkan pelayanan yang lebih baik. Warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan, semuanya cukup dilakukan di satu tempat.

“Ini cara kami merubah paradigma masyarakat. Kalau dulu mengurus dokumen di pemerintahan dianggap ribet dan membosankan, dengan cara seperti ini kami berharap pengurusan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Intinya bagaimana masyarakat terlayani dengan maksimal,” tegasnya.

Anas melanjutkan, Mall Pelayanan Publik Banyuwangi kini melayani 149 jenis layanan. Mulai dari administrasi kependudukan, berbagai jenis perizinan, retribusi daerah, surat kendaraan, surat kepolisian, PDAM, BPJS, hingga surat-surat yang diterbitkan Kementerian Agama seperti yang terkait pernikahan. Bahkan pengurusan paspor juga bisa dilakukan di sini.

Selain itu, mal pelayanan publik juga dilengkapi beragam fasilitas lainnya. Seperti arena bermain anak dan pojok baca. Juga pos pembinaan kesehatan terpadu yang menyediakan layanan tes dan konsultasi kesehatan gratis.

“Saya targetkan ini terus bertambah. Insya Allah akhir tahun bisa 200 layanan. Ada banyak tambahan nanti, sekarang sedang integrasi sistem, seperti pertanahan dan keimigrasian,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES