Ketahanan Informasi

Cara SMANIK Selamatkan Lingkungan Hidup

Cara SMANIK Selamatkan Lingkungan Hidup Pengelola Bank Sampah Cinta Bumi (SMANIK) sedang belajar pemisahan sampah organik dengan anorganik. (06/12/17). (FOTO: SMANIK for TIMES Indonesia)
Rabu, 06 Desember 2017 - 12:32

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Kepedulian terhadap sampah terus dilakukan oleh Bank Sampah Cinta Bumi milik SMAN 1 Kutasari Purbalingga. Caranya dengan belajar pengolahan sampah pada bank sampah Maju Jaya di Desa Karanglewas Purbalingga, Rabu (06/12/2017).

Tofik direktur bank sampah mengimbau warga sekolah untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya yaitu organik dan anorganik. 

Tofik juga mengapresiasi setingi-tingginya kepada SMANIK dalam mengelola sampah.

SMANIK-2.jpg

“Kami selaku Bank Sampah Maju Jaya akan terus berbagi dan bertukar ilmu kepada Bank Sampah Cinta Bumi (SMANIK) terkait pengolahan sampah organik atau anorganik,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan sampah bukan lagi hal yang kotor, sebab dari hasil pengolahan sampah ternyata terdapat nilai ekonomis yang tinggi. 

"Sampah anorganik nantinya akan dikelola untuk bahan pembuatan paving dan karya seni lainnya. Tidak Hanya itu sampah organik di Bank Sampah Maju Jaya telah menghasilkan pupuk untuk tanaman," terangnya. 

Kata dia memang perlu tekad dan perjuangan yang lebih untuk menyadarkan masyarakat tentang sampah, mulai dari pengumpulan, proses pemilahan sampah, hingga sampah menjadi bermanfaat untuk masyarakat luas.

SMANIK-3.jpg

Sementara itu Bambang direktur bank sampah Cinta Bumi mengatakan dalam kegiatan ini dilakukan belajar bersama dalam pengolahan sampah organik dan organik. 

"Nantinya sampah-sampah yang ada di sekitar lingkungan SMANIK tidak kami buang atau bakar. Namun, sampah tersebut kami kelola terlebih dahulu agar sampah yang berada di lingkungan sekolah mampu menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi,” ungkap Bambang. 

Dari pengelolaan sampah ini, lanjut Bambang nantinya akan membuat hasil karya melalui Pembelajaran Kewirausahaan (PKWU) 

Yuli seksi pengelolaan sampah organik berharap kegiatan ini dapat diaplikasikan siswa di lingkungan sekitar rumah tinggalnya. (*)

Jurnalis : Aji Dwi Pratikno (CR-060)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration