Senin, 10 Desember 2018
Ekonomi

Tim Gabungan Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Tim Gabungan Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurizal saat sidak ke gudang beras. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Selasa, 12 Desember 2017 - 12:50

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Mengantisipasi kenaikan harga yang terjadi menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018, tim gabungan Pemkot Probolinggo melakukan sidak, Selasa (12/12/2017). Tim gabungan itu terdiri dari Polisi, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi Usaha mikro, serta Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Inspeksi mendadak langsung ke pasar Baru, di Jalan Panglima Sudirman dan distributor maupun pengelola beras, di jalan Mastrip. Tindakan itu merupakan langkah antisipatif, terkait kenaikan harga beras yang sebelumnya terjadi. Sebelumnya, pihak pengelola beras memilih menaikkan harga sebesar Rp 200 per kilogram. Kenaikan diperngaruhi cuaca buruk/hujan yang membuat proses pengeringan gabah lebih lama sehingga menambah ongkos tenaga kerja.

“Kami berupaya mengantisipasi agar kenaikan harga itu tidak semakin melambung sehingga para konsumen tetap bisa berbelanja dengan harga normal atau sewajarnya,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, di lokasi.

Walaupun tidak ditemui kenaikan harga signifikan, tapi para pedagang menjual dengan harga eceran tertinggi (HET). Semisal harga daging sapi dengan harga eceran tertinggi (HET) pemerintah Rp 102 ribu, dijual pedagang seharga Rp 105 ribu per kilogramnya. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan batasan harga umumnya. Sedangkan untuk harga telur ayam ras dijual seharga Rp 23.800. Lebih mahal Rp 1.500 dibandingkan harga eceran tertinggi, yakni Rp 22.300 per kilogram.

Kepala DKUPP, Gatot Wahyudi mengatakan, berdasarkan pantauannya, mendekati perayaan Natal dan tahun baru harga cenderung stabil. “Walaupun sudah mulai masuk musim hujan, tapi pengaruhnya tidak terlalu signifikan, secara global,” katanya. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration