Senin, 19 Februari 2018
Peristiwa - Daerah

Bupati Banyuwangi Dilaporkan ke Kejari, Ada Apa?

Bupati Banyuwangi Dilaporkan ke Kejari, Ada Apa? Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Rabu, 06 Desember 2017 - 11:50

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dilaporkan oleh kelompok yang mengatasnamakan Forum Peduli Kebenaran dan Keadilan (FPKK) kepada Kejaksaan Negeri setempat.

Juru bicara FPKK, Abdilah Rafsanjani mengatakan, alasannya melaporkan kepala daerah kepada Kejari Banyuwangi karena telah melakukan pembiaran terhadap para pengusaha tambang galian C yang telah mengantongi izin tetapi tidak membayar pajak. 

“Bupati kan membiarkan orang yang sudah punya izin kok gak bayar pajak, berapa tahun itu ini merugikan pendapatan negara,” kata Abdillah melalui sambungan telepon di Banyuwangi, Selasa (5/12/2017).

Hal itu dilakukannya setelah ada salah satu pengusaha galian C yang belum mengantongi izin dimasukkan penjara. Sementara yang mempunyai izin tidak ditahan dan cenderung dibiarkan meskipun tidak membayar pajak.  

“Seharusnya bupati sesuai Undang-undang. Jadi orang-orang yang punya izin (galian C) harus membayar pajak itu amanat Undang-undang. Terus suratnya Gubernur Jawa Timur juga mengatakan, untuk izin sekarang ada di Jawa Timur dan Gubernur akan memberi pendapatan, ternyata sampai saat ini (pajak dari galian C) oleh bupati tidak diminta itu,” ucapnya.

Dia berpendapat, bupati diduga telah lalai dengan melakukan pembiaran terhadap para pelaku tambang bidang energi dan sumber daya mineral jenis galian C yang berizin tidak membayar pajak.

“Seharusnya seluruh pengusaha galian C (berizin) itu harus membayar pajak. Oleh karena itu Bupati telah melakukan pembiaran dan melakukan pembiaran itu korupsi namanya. Kalau dihitung ini miliaran rupiah,” ujarnya.

Abdilah mengaku didampingi oleh beberapa lembaga yang tergabung dalam Forum Peduli Kebenaran dan Keadilan (FPKK) diantaranya MSUB, Foskanu dan Forsuba dalam melaporkan hal ini. (*)

Pewarta : Hafil Ahmad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration