Politik

Jelang Verifikasi Faktual Dukungan, Jumanto Bekali Tim

Jumat, 08 Desember 2017 - 19:59 | 88.64k
Pembekalan LO kecamatan pasangan independen Pilkada Kabupaten Probolinggo (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)
Pembekalan LO kecamatan pasangan independen Pilkada Kabupaten Probolinggo (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo dari jalur perseorangan (independen), Jumanto-Imaduddin, membekali puluhan liaison officer (penghubung) tingkat kecamatan, Jumat (8/22/2017) di rumah makan Selera, Gending.

Pembekalan dilakukan dalam rangka persiapan tahap verifikasi faktual dukungan calon independen oleh KPU setempat, mulai 12-25 Desember nanti. Ini merupakan tahapan krusial bagi kandidat pasangan calon independen.

Karena setiap pendukung pasangan Jumanto-Imaduddin yang dibuktikan dengan fotokopi KTP, akan ditanya petugas. Apakah betul-betul mendukung atau tidak.

Jika ternyata jumlah dukungan kurang dari batas minimal yang ditentukan (64.314 orang yang tersebar di 13 kecamatan) berdasarkan hasil verifikasi faktual, tugas Jumanto-Imaduddin kian berat. Keduanya harus menyerahkan dua kali lipat dari kekurangan tersebut, yang dibuktikan dengan fotokopi KTP.

Selama verifikasi faktual berlangsung, tim penghubung akan berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

"Kalau ada kades atau pejabat yang nakut-nakuti, beritahu ke saya. Saya tidak pernah ganggu pejabat, tidak pernah ganggu kades," kata Jumanto kepada tim LO kecamatan.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Divisi Perencanaan dan Data, Sugeng Harianto, menjadi pembicara dalam acara tersebut. Begitu juga dengan Ketua Panwaslu, Zaini Gunawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES