Senin, 10 Desember 2018
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Pemahaman Linked Data pada Kuliah Tamu STIKI

Pemahaman Linked Data pada Kuliah Tamu STIKI Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) mengadakan kuliah tamu dengan tema “Linked Data” pada Jumat (8/12). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 Desember 2017 - 17:55

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) mengadakan kuliah tamu dengan tema “Linked Data” pada Jumat (8/12). 

Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar Gedung A, dibuka oleh ketua program studi Teknik Informatika Rakhmad Maulidi, M.Kom. dan menghadirkan pembicara tamu dari ITS, Nur Aini Rakhmawati, Ph.D.

Di awal materi, Nur Aini  memaparkan tentang sejarah web dimulai dari ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya. Seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya internet yang ada sekarang.

Seminar-Linked-Data.jpg

Web mengalami lompatan perkembangan setelah WWW ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990-an. Perkembangan ini mencapai puncaknya di era media sosial.

Nur Aini kemudian menjelaskan karakteristik masing-masing generasi web. Generasi pertama atau dikenal dengan Web 1.0 mempunyai ciri statis, read-only, tidak interaktif, dan lebih fokus ke perusahaan. Generasi Web 2.0 berkarakteristik yaitu dinamis, semua berkontribusi, lebih interaktif, dan juga lebih fokus ke perusahaan.

Generasi web terbaru menjadi lebih humanis dan disebut semantic web. Informasi yang diberikan memiliki arti yang terdefinisi secara lebih baik sehingga memungkinkan manusia dan komputer untuk bekerjasama secara lebih optimal.

“Format ini ditujukan agar informasi yang disajikan dapat dipahami oleh manusia, namun tidak oleh mesin.” tuturnya.

Jurnalis : Septa Noviana (CR-042)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration