Glutera News

Olahraga di Usia 40 Bisa Cegah Penuaan

Olahraga di Usia 40 Bisa Cegah Penuaan ILUSTRASI: Olahraga (GRAFIS: Glutera news)
Sabtu, 02 Desember 2017 - 18:05

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita muda berolahraga agar pinggang tetap ramping. Tapi, olahraga di usia setelah 40 juga penting untuk mencegah penuaan. Olahraga ringan saat usia 40 berguna melawan penuaan sel.

Periset dalam studi baru meneliti bagaimana olahraga berdampak pada panjang telomere. Telomere adalah ujung tali DNA yang mencegah kerusakan, seperti ujung yang dilindungi plastik pada tali sepatu.

Ketika sel menua, telomere secara alami memendek. Perburukan ujung itu dipercepat oleh obesitas, rokok dan penyakit seperti diabetes dan insomnia. Panjang telomere sudah lama terbukti ada hubungannya dengan panjang umur.
Riset sebelumnya sudah menemukan, bahwa atlet memiliki telomere lebih panjang dibandingkan bukan atlet pada usia sama. Demikian juga wanita tua yang terus berolahraga seperti jalan kaki.

Sebagai bagian dari studi, mereka meneliti data 6.500 orang usia 20 sampai 84 dari survei National Health and Nutrition Examination. Survei itu menanyakan puluhan ribu orang dewasa perihal kesehatan, termasuk juga kebiasaan olahraga, juga pemeriksaan dan penyediaan sampel darah. Sampel darah digunakan untuk menguji panjang telomere mereka.

Jurnalis : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration