Selasa, 13 November 2018
Peristiwa - Nasional

Komisi I Setujui Marsekal Hadi Tjahjono Sebagai Panglima TNI

Komisi I Setujui Marsekal Hadi Tjahjono Sebagai Panglima TNI Komisi I DPR RI akhirnya menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Jendral Gatot Nurmantyo (FOTO: Tria Adha/ TIMES Indonesia)
Rabu, 06 Desember 2017 - 17:24

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan serta pendalaman visi-misi, Komisi I DPR RI akhirnya menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Jendral Gatot Nurmantyo.

"Setelah Komisi I DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta mendengarkan pandangan fraksi-fraksi maka Komisi I DPR memberikan persetujuan sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Menurut dia, ada beberapa poin yang disoroti dalam uji kelayakan tersebut yaitu kepemimpinan, profesionalitas, integritas, dan sejauh mana mampu menjaga serta merawat NKRI.

"Proses uji kelayakan yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu pemeriksaan administrasi, pemaparan visi-misi, pendalaman visi-misi dan pengambilan keputusan," ujarnya.

Usai proses uji kelayakan tersbut, Dewan menyatakan Marsekal Hadi dinilai memiliki rekam jejak yang mumpuni sehingga memenuhi syarat dan kecakapan sebagai Panglima TNI. Dewan juga menyetujui pemberhentian Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi atas dedikasi serta kesungguhannya dalam bekerja.

"Kami segera mengirimkan surat ke Pimpinan DPR untuk dilaksanakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR agar dijadwalkan Rapat Paripurna yang akan dibacakan hasil uji kelayakan," katanya.

Setelah proses dalam Rapat Paripurna selesai, Pimpinan DPR kemudian akan mengirimkan surat ke Presiden, dan Presiden melantik Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia

Komentar

Registration