Selasa, 13 November 2018
Peristiwa - Daerah

Awal 2019, 95 Persen Warga Sidoarjo Jadi Peserta BPJS Kesehatan

Awal 2019, 95 Persen Warga Sidoarjo Jadi Peserta BPJS Kesehatan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo dr. Sri Mugirahayu. (FOTO: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Kamis, 30 November 2017 - 12:37

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Pemerintah pusat menargetkan hingga 1 Januari 2019 peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Sidoarjo mencapai 95 persen dari jumlah penduduk.

Dari jumlah penduduk Kabupaten Sidoarjo per bulan Agustus 2016 ada sebanyak 2.199.171 jiwa. Dan saat ini yang menjadi peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Sidoarjo sebanyak
1,4 juta jiwa.

"Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten saat ini baru 61 persen dari jumlah penduduk dua jutaan lebih," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo dr. Sri Mugirahayu saat dihubungi TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (30/11/2017).

Untuk mencapai target itu, jelas Sri Mugirahayu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan pelayanan agar nantinya seluruh masyarakat Sidoarjo bisa tercover BPJS Kesehatan.

"Target kami setahun kedepan bisa mencapai 95 persen atau lebih warga Sidoarjo tercover BPJS Kesehatan. Makanya kami akan melakukan sosialisasi terus menerus kepada warga Sidoarjo agar ikut BPJS Kesehatan," harap mantan Kepala cabang BPJS Jogjakarta itu.

Lebih jauh ibu tiga anak ini memaparkan jika sejak berdirinya BPJS Kesehatan tahun 2014, Kabupaten Sidoarjo telah telah memiliki 159 fasilitas kesehatan (Faskes), baik milik pemerintah maupun Swasta.

"Faskes milik pemerintah seperti Puskesmas dan RSUD hukumya wajib melayani BPJS Kesehatan. Sedangkan untuk Faskes milik swasta saat ini kita telah jalin kerjasama dengan 11 rumah sakit dan 9 optik yang tersebar di wilayah Kabupaten Sidoarjo," paparnya.

Untuk memudahkan pelayanan, imbuh perempuan yang akrab di sapa Bu Cici ini, BPJS kesehatan melakukan terobosan dengan dukungan aplikasi online yang mudah diakses.

Aplikasi tersebut untuk mendapatkan berbagai layanan BPJS Kesehatan yang diantaranya JKN Mobile yang memudahkan peserta untuk mengakses melalui internet berbagai layanan, BPJS Kesehatan Care center 1500400, Kader JKN.

"Dengan segala fasilitas tersebut, kami harap memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan BPJS Kesehatan," pungkasnya. (*)

Jurnalis : Mulya Andika
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration