Peristiwa

Bupati Anas Promosikan Industri Kreatif Lewat Vlog Media Sosial

Selasa, 21 November 2017 - 18:52 | 60.71k
Bupati Anas beraksi membuat vlog di tempat produksi Batik Srikandi Banyuwangi. (FOTO: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Bupati Anas beraksi membuat vlog di tempat produksi Batik Srikandi Banyuwangi. (FOTO: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memanfaatkan waktu luangnya untuk mempromosikan usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat, dengan Video Blog (Vlog).

Turun pesawat dari luar kota, Anas langsung mengunjungi beberapa UMKM dan merekam aksinya memperkenalkan produk masyarakat itu, Selasa (21/11/2017).

Dia mengajak agar wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, yang tahun lalu tercatat berjumlah 4,3 juta orang, untuk membeli oleh-oleh produk masyarakat tersebut.

Seperti biasa, hasil video akan diupload di akun FB dan Instagram-nya. Salah satu yang didatanginya adalah Blimbingsari Creative Craft (BCC) di Kecamatan Blimbingsari yang mengerjakan aksesoris dari manik-manik sejak tahun 2003.

Kepada TIMES Indonesia, Anas mengatakan bidang ekonomi kreatif di Indonesia tumbuh pesat luar biasa. Maka dia berharap masyarakat dengan usaha kreatif kecil terus mengejar maju.

"Misalnya usaha ini (BCC) beda dengan 5 tahun lalu. Sekarang sudah terartur, terorganize, bisa ditampilkan dengan menarik. Bahkan sudah diklasifikasi mana untuk pembeli menengah ke atas dan pembeli kelas bawah," kata Anas.

Dia mengatakan sering mendapat pujian bahwa pengusaha kecil Banyuwangi dinila cepat belajar dan terbuka pada pengetahuan baru.

Dia berharap semakin banyak wisatawan yang datang menjadi pembelajaran bagi pelaku usaha kecil untuk terus berbenah, berkembang dan memperbaiki diri.

"Yang penting (pembangunan) infrastruktur dari Pemerintah jalan dulu. Mereka (pelaku usaha kecil) perlu pengunjung datang, lalu mereka akan belajar sendiri," pungkas Anas.

Selain itu, Anas juga merekam vlog-nya di produsen kain batik Srikandi di Kecamatan Rogojampi dan Coco Corner di JL Jaksa Agung Suprapto Banyuwangi. Penjual batik Sisik Melik di Kecamatan Rogojampi juga dikunjunginya untuk melihat koleksi produk mereka.

"Ini adalah produsen batik Banyuwangi yang dekat dengan Bandara Blimbingsari. Jadi wisatawan jangan pulang dari Banyuwangi tanpa membawa oleh-oleh kain batik Banyuwangi, " kata Anas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES