Wisata

Candi Kedaton Era Kerajaan Majapahit Jadi Lokasi Rekreasi Wisatawan Lokal

Senin, 18 Juni 2018 - 08:40 | 258.91k
Candi Kedaton peninggalan Kerajaan Majapahit, yang masih berdiri tegak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Candi Kedaton peninggalan Kerajaan Majapahit, yang masih berdiri tegak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sisa-sisa kejayaan Kerajaan Majapahit tidak hanya berada di kawasan Mojokerto dan sekitarnya, tapi ada juga di Probolinggo. Salah satunya yakni Candi Kedaton di Dusun Candikedaton, Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pada momen lebaran memasuki H+4 ini, candi peninggalan Kerajaan Majapahit, ini masih banyak dikunjungi wisatawan lokal. Mereka menikmati suasana lebaran Idul Fitri 1439 H bersama keluarga.

Tak hanya jadi bukti sejarah tentang kerajaan Majapahit, tapi juga menjadi alternatif wisata di kawasan Kecamatan Tiris.

Candi-Kedaton-2.jpg

Di Candi Kedaton, terdapat banyak gambar ukiran yang menempel di batu-batu Candi tersebut. Gambar tersebut mengisahkan tentang keluarga dan pejuang Kerajaan Majakpahit. Seperti gambar para dayang, serta para tokoh-tokoh di Kerajaan itu.  

Candi Kedaton adalah salah satu candi unik yang terbuat dari batu andesit. Candi ini dibangun sekitar abad VIV dengan bentuk unik dan pemandangan yang indah sekitarnya.

“Candi kedaton merupakan candi Hindu yang berukuran 6 meter persegi dan memiliki tahun yang tertulis di tangganya sekitar 1292 Saka atau sekitar 1370 masehi,” kata Saniman, juru pelihara Candi Kedaton, saat ditemui, Senin (18/6/2019).

Ia mengungkapkan, Candi Kedaton sendiri memiliki 33 relief di kaki candi. Selain terdapat cerita tentang garudea, terdapat juga beberapa relief yang tertulis seperti Arjunawiwaha dan Bhomaknya.

“Jadi ini memang unik, karena bentuknya juga tidak seperti candi pada umumnya. Momen lebaran ini banyak dikunjungi wisatawan lokal,” jelasnya.

Candi-Kedaton-3.jpg

Candi Kedaton ini cocok untuk dikunjungi pecinta wisata alam di Probolinggo. Hanya saja kata Saniman, yang perlu jadi perhatian perlu adanya penambahan seputar tulisan Candi Kedaton. Hal itu dilakukan untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung.

“Paling tidak mereka juga bangga dengan candi kedaton, karena di Probolinggo juga ada candi, selain Candi Jabung di Paiton,” ujarnya.

Saniman menambahkan, sudah pernah melakukan kajian terhadap jejak dan keturuan orang masa Kerajaan Majapahit, termasuk para tentara Majapahit yang pernah ke Probolinggo. 

Dalam kajian yang dilakukannya selama kurang lebih 20 tahun ini, tidak menutup kemungkinan keturunan Majapahit sendiri terakhir di Probolinggo. Salah satu indikasinya yakni adanya keturunan dan orang Jawa kuno yang berada di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Tidak hanya Candi Kedaton, di Kecamatan Tiris ini juga ada lokasi wisata yang juga ramai dikunjungi wisatawan, yakni ranu Agung dan ranu Segaran. Tidak hanya itu, Kecamatan Tiris juga dikenal dengan kebun teh Andung Biru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES