Wisata

Liburan di Ketinggian Jogja, Ini Tempat Kerennya

Minggu, 17 Juni 2018 - 22:29 | 88.26k
Berbagai tempat wisata yang tersebar di wilayah pegunungan Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. (FOTO: Istimewa)
Berbagai tempat wisata yang tersebar di wilayah pegunungan Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Punya agenda liburan lebaran ke mana? Ayo liburan lebaran ke Jogja saja. Tinggal pilih liburan di gunung, di kota atau di pantai. Dicoba semuanya juga oke.

Beberapa hari di gunung, beberapa hari di pantai dan beberapa hari di kota. Semuanya dalam jangkauan. Begitu dekat.

Jika tak ingin menginap di hotel, bisa mencoba homestay yang tersebar di sejumlah Desa Wisata di seantero Jogja. Menginap di homestay bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda. Berinteraksi langsung dengan pemiliknya.

Jogja-Wisata-2.jpg

Kali ini, cobalah liburan di wilayah pegunungan yang tersebar di Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo.

Di Sleman, bisa liburan di Kaliurang. Kawasan dingin di Kaki Merapi ini memiliki berbagai atraksi wisata menarik. Mulai dari Telogo Putri, Taman Kaliurang, Museum Ullen Sentalu, hingga Wisata Jip Merapi. Bahkan di malam hari bisa melihat Kaliurang Festival of Lights di Gardu Pandang.

Aneka kuliner khas seperti jadah tempe, sate kelinci, tongseng kopyok, bisa didapat di kawasan Kaliurang. Berbagai penginapan tersedia. Mulai dari kelas hotel berbintang hingga motel dan homestay.

Jogja-Wisata-3.jpg

Sleman juga memiliki destinasi di kawasan dataran tinggi dengan sensasi yang lain. Yakni Candi Ratu Boko, Taman Tebing Breksi dan Candi Ijo. Dari ketinggian di tempat-tempat ini pemandangan indah bisa didapat. Termasuk yang suka berburu sunset.

Sensasi tempat liburan dataran tinggi bisa pula dinikmati di Kulonprogo. Yang ngehits selama ini Kalibiru. Lalu Bukit Ng-Isis, Kebun Teh Nglinggo, dan Puncak Suroloyo. Sejumlah lokasi di Bukit Menoreh ini menjanjikan spot selfie yang instagramable.

Mengunjungi Bukit Ng-Isis dan Kebun Teh Nglinggo bisa sekalian menginap di homestay yang ada di Desa Wisata Nglinggo. Akan lebih komplet jika menginap. Karena, sensasi sunset dan sunrise bisa didapat. Jika tidak pun, lokasi ini bisa dijangkau dari Kota Yogya hanya sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dari Puncak Bukit Ng-Isis dan Puncak Suroloyo, Anda bisa melihat pemandangan yang keren. Termasuk Candi Borobudur yang bersaput kabut. Suguhan teh atau kopi Menoreh bisa menjadi teman yang melengkapi liburan di sini.

Masih di Kulonprogo. Sensasi ketinggian bisa dinikmati di Ayunan Langit, Desa Wisata Purwosari. Berayun di puncak bukit Jaran yang memacu adrenalin.

Di dekat Purwosari, juga ada Desa Wisata Jatimulyo yang kaya destinasi wisata. Ada Grojogan Sewu. Ada Taman Sungai Mudal. Ada Kedung Pedhut dan lain-lain. Semuanya berada di ketinggian Bukit Menoreh, wilayah Kulonprogo. Sisi Barat Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah yang dalam waktu dekat memiliki Bandara Internasional.

Jogja-Wisata-4.jpg

Dari Kulonprogo bergeser ke Bantul. Wilayah perbukitan di Bantul ada di daerah Dlingo. Di ketinggian Bukit Mangunan dan Dlingo inilah sejumlah tempat yang nge-hits berada.

Mulai dari Kebun Buah Mangunan. Puncak Becici. Pasar Kakilangit. Pintu Langit. Pasar Munthuk. Dan lain sebagainya.

Bergeser dari Bantul ke arah Gunungkidul. Wilayah ini, sesuai namanya, memang bergunung-gunung. Dikenal pula sebagai Jogja Lantai Dua.

Destinasi keren di ketinggian Gunungkidul yang paling nge-hits adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Wisatawan bisa naik ke puncak gunung purba ini untuk melihat sunrise atau sunset.

Di atas juga bisa menikmati suguhan budaya lokal seperti jathilan. Atau permainan menantang adrenalin seperti climbing, rafling, tracking, dan flying fox.

Live in di Desa Wisata Nglanggeran juga sangat menarik. Bisa belajar pertanian mulai dari menanam padi, membajak sawah, melepas ikan di kolam, bertani kakao (coklat) dan mengolahnya, membuat kerajinan ataupun ikut adat kendurian. Untuk pecinta coklat, ada Griya Coklat Nglanggeran yang menyediakan berbagai produk olahan coklat.

Bisa pula belajar seni tradisi. Tiap dusun memiliki kelompok kesenian. Mulai dari jathilan, reog, gejog lesung, calung hingga karawitan.

"Di akhir kegiatan live in, wisatawan bisa berkolaborasi pentas dengan warga. Baik di acara yang dibuat panggung maupun dalam format acara api unggun," jelas Pengelola Nglanggeran Sugeng Handoko.

Jogja-Wisata-5.jpg

Wisatawan bisa pula menikmati Embung Kebun Buah Nglanggeran dan Air Terjun Njurug Talang Purba dan Kedung Kandang. Embung (tampungan air) Kebun Buah Nglanggeran berada di kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dengan luas 0,34 hektare. Digunakan untuk mengairi kebun buah seluas 20 hektare. Embung ini 1,5 km arah tenggara dari pintu masuk Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. 

Destinasi menarik lain yang berada di Kabupaten Gunungkidul misalnya Pasar Taman Bumi (Kawasan Geosite Lembah Ngingrong, Mulo), Pasar Telaga Jonge (Pacarejo, Semanu) dan Pasar Kerajinan Pampang (Pampang, Paliyan).

Kemudian ada Goa Jomblang, Goa Cokro, Goa Tanding, Goa Kalisuci maupun Green Village yang menawarkan flying fox terpanjang se-Asia Tenggara.

Jadi, mau liburan di ketinggian Jogja, pilih saja lokasinya. Agendakan waktu. Bisa dijadwal bergiliran karena tak cukup hanya seharian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES