Gaya Hidup

Tradisi Lebaran Indonesia yang Bikin Kangen

Minggu, 17 Juni 2018 - 08:20 | 57.61k
ILUSTRASI. (FOTO: CNN Indonesia)
ILUSTRASI. (FOTO: CNN Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tradisi lebaran Indonesia selalu bikin kangen. Selain mudik, ada tradisi yang masih dipertahankan hingga saat ini. Bahkan jauh lebih meriah.

Apa saja tradisi lebaran Indonesia?

1. Tradisi Nyekar Alias Ziarah Makam

Tak hanya masjid, kuburan juga jadi tempat yang ramai saat lebaran tiba. Ya, orang-orang berbondong-bondong mengunjungi makam sanak saudara dan mengirim doa. Memang ziarah makam bisa dilakukan kapan saja, tapi entah kenapa di momen lebaran aktivitas ini jadi jauh lebih punya kesan.

Alasannya sendiri karena jika biasanya kita hanya sendiri saat ziarah, kali ini semua anggota keluarga yang ikut. Tak hanya itu, kadang saudara yang jauh pun juga ikut bersama-sama ziarah. Momen haru seperti ini hanya bisa dilihat saat lebaran saja.

2. Bagi-Bagi Ketupat dan Apem

Tak ada makanan yang lebih ikonik dengan lebaran selain ketupat. Ya, entah bagaimana awalnya, tapi secara turun temurun makanan ini seolah jadi ciri khas yang tak bisa hilang. Ketika lebaran tiba, memang banyak orang-orang yang membuat makanan ini kemudian dibagi-bagikan ke tetangga.

Tak hanya ketupat plus opor biasanya, makanan yang juga ikut dibagi-bagikan adalah apem. Kenapa apem? Menurut orang Jawa, makanan ini berarti permintaan maaf. Ya, apem sendiri konon berasal dari bahasa Arab Afwun yang artinya maaf.


3. Kue-Kue Beraneka Ragam Ada di Setiap Rumah

Selain ketupat, hal yang pasti ada saat lebaran adalah kue-kue lebaran yang biasanya disajikan di toples-toples. Rasanya memang tak ada satu rumah pun yang melewatkan hal ini. Bahkan orang yang paling tak mampu pun akan menyediakan kue-kue meskipun sederhana.

Hal yang unik dari tradisi ini adalah hampir setiap rumah itu kuenya tak sama persis. Di satu rumah ada rengginang di rumah lain tidak, dan sebagainya. Tradisi kue-kue lebaran ini sendiri konon sudah ada sejak zaman Wali Songo.


4. Tradisi Keliling Kampung dan Meminta Maaf

Nah, tradisi satu ini juga jadi hal sangat ditunggu ketika lebaran. Berkeliling kampung lalu mampir ke setiap pintu rumah dan meminta maaf. Jika di hari biasa kita agak segan untuk meminta maaf, kali ini tak ada lagi sungkan. Setiap orang pasti akan kita mintai maaf.


Berkeliling tak hanya soal maaf, tapi juga mencari kesenangan tersendiri. Biasanya sih lewat kue-kue dan makanan. Belum lagi ada juga satu atau dua rumah yang kadang memberikan souvenir cantik. Sangat menyenangkan dan hanya akan terjadi di saat lebaran saja.

5. Petasan Lebaran yang Bikin Kangen

Masih ada satu lagi tradisi lebaran yang mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia. Ya, petasan. Mungkin tradisi satu ini dilarang gara-gara banyak kejadian buruk di mana bocah-bocah terluka karena petasan. Meski begitu, petasan selalu identik dengan lebaran Indonesia.  Bahkan kini jauh lebih meriah dengan aneka bentuk dan warna petasan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES