Olahraga Piala Dunia 2018

Tinjauan Laga Perdana: Rusia Luar Biasa!

Jumat, 15 Juni 2018 - 02:15 | 45.30k
Denis Cheryshev saat melakukan selebrasi. (FOTO: @fifaworldcup_de)
Denis Cheryshev saat melakukan selebrasi. (FOTO: @fifaworldcup_de)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebelum membahas tiga laga berikut, Jumat malam 15 Juni hingga Sabtu dinihari 16 Juni, kita perlu mengacungkan dua jempol kepada Rusia. Laga perdana Rusia vs Arab Saudi. Sebab, Rusia tampil luar biasa di laga perdananya! Mereka mencapai hasil jauh di atas prediksi seluruh analis Bursa Piala Dunia 2018!  Ikuti tulisan Suhu Oerip, sapaan akrab pakar bursa bola Surabaya, Slamet Oerip Prihadi?

Sebelum kick off, para analis memprediksikan paling banter Rusia menang 2 gol. Kenyataannya, skuad besutan Stanislav Cherchesov menang 5-0! Bahkan dua gol bisa mereka lesakkan di (4 menit) injury time!

Rusia-Arab-7.jpg

Memang, ini bukan kemenangan terbesar satu tim di laga perdananya. Di Piala Dunia 2002, Jerman menang 8-0 atas Arab Saudi di laga perdana Grup E. Di Piala Dunia 1982, Hungaria menang 10-1 atas El Salvador di laga perdananya. Namun, kemenangan telak Rusia tersebut sungguh di luar dugaan. Peran pemain pengganti menjadi kunci sukses pelatih Cherchesov.

Jangankan pelatih Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi, bahkan pelatih Rusia sendiri, Stanislav Cherchesov pun tak menyangka Rusia bisa menang setelak itu. Keduanya menyebut laga Rusia versus Arab Saudi sebagai extraordinary game dalam konferensi pers usai pertandingan, seperti dikutip laman FIFA.

Tandukan midfielder Yuri Gazinsky di menit 12 tercatat sebagai gol pertama Piala Dunia 2018. Namun man of the match-nya adalah midfielder Denis Cheryshev (Villarreal) yang melesakkan dua gol di menit 43 dan 90+1 (injury time). Dia menggantikan midfielder Alan Dzagoev yang kena harmstring dimenit 24.

Rusia-3.jpg

Dugaan negatif, kemungkinan faktor nonteknis menyusup untuk kemenangan Rusia, juga tidak terjadi sama sekali. Kepemimpinan wasit Nestor Pitana dari Argentina tegas dan fair. So, pertandingan perdana yang dihadiri 78.011 penonton di Stadion Luzhniki, Moskow, pasti memuaskan Presiden Vladimir Putin dan para pendukungnya. Tiket masuk stadion Rp 2,8 juta per penonton. Total hasil penjualan tiket laga perdana = Rp 218, 43 miliar!

Kami tidak ingin larut dalam euforia kemenangan terbesar ini. Kami harus fokus untuk menghadapi Mesir di laga kedua. Kami harus mempersiapkan diri dengan cermat. Pemain-pemain kami bisa bermain rileks di bawah tekanan yang menghinggapi laga pembuka. Saya tahu dan bangga kepada pemain-pemain saya,” kata Stanislav Cherchesov. 

Walau Arab Saudi unggul dalam ball possession (60 persen), namun permainan cepat dan efektif Rusia menghasilkan kemenangan besar yang mengagumkan.

Wartawan senior sekaligus pengamat sepakbola dari Jawa Timur, Slamet Oerip Prihadi alias Suhu Oerip ini, penikmat bola tanah air menikmati laga perdana (14/06/2018). antara tuan rumah Rusia vs Arab Saudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES