Wisata

Libur Lebaran 2018, Pesona Pantai Sipelot Perlu Diintip

Jumat, 15 Juni 2018 - 15:25 | 108.01k
Pesona Pantai Sipelot. (FOTO: naturalsunrisetour)
Pesona Pantai Sipelot. (FOTO: naturalsunrisetour)

TIMESINDONESIA, MALANGPesona Pantai Sipelot sungguh menakjubkan. Sejuta keindahan "pantai perawan" ini masih belum banyak terusik oleh sentuhan modernisasi. Saat libur Lebaran 2018 kali ini, pantai ini layak untuk diintip. 

Hamparan pasir putih yang sepanjang hampir 2 kilometer dan perbukitan hijau menambah kharisma pesona pantai Sipelot yang letaknya di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini.

Garis pantai Sipelot yang melingkar itu mirip sebuah danau karena lokasi pantai ini terletak di sebuah teluk yang ditandai dengan cerukan daratan yang di kanan dan kiri pantai.

Di ujung sebelah timur pantai, terdapat sebuah muara kecil. Di dekat muara tersebut terdapat sebuah tebing yang cukup tinggi dengan bongkahan batu-batu besar di sisi pantai. Di balik tebing tersebut pantainya juga berpasir putih dengan beberapa perahu bersandar di sana.

Sebuah air terjun juga bisa dinikmati keindahannya dekat Pantai Sipelot ini. Warga setempat menamakannya Coban Sipelot. 

Untuk menuju ke Coban Sipelot yang tingginya sekitar 10 meter itu, Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Sejumlah perahu nelayan siap mengantarkan Anda ke sana dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. 

Sambil berperahu, Anda juga bisa menikmati indahnya Watu Gedeg, sebutan warga setempat untuk sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.

Menurut cerita turun temurun, nama asli pantai ini adalah Spelot. Berasal dari bahasa Belanda yang artinya persinggahan. Dulu, kata warga setempat, pantai ini jadi tempat persinggahan yang paling nyaman dan aman bagi Belanda di tengah ganasnya ombak pantai Selatan. 

Namun, untuk mencapai pantai ini, Anda harus sedikit "berjuang". 

Kalau Anda di Kota Malang, Anda bisa menuju Kecamatan Dampit lalu menuju ke Kecamatan Tirtoyudo. Tidak jauh setelah memasuki Kecamatan Tirtoyudo terdapat petunjuk arah untuk berbelok ke kanan menuju Pantai Sipelot dan lurus ke arah tenggara sampai Desa Pujiharjo. 

Meski jalan menuju pantai ini sudah beraspal, tetapi Anda harus berhati-hati karena jalannya sempit dan berkelok-kelok sampai ke area pantai. 

Sekitar 10 km dari pantai, beberapa ruas jalan agak berlubang dan terkadang terdapat sebaran pasir di jalan yang akan dilalui. Dari perkampungan Pujiharjo menuju pantai masih sekitar 2 kilometer. 

Memasuki Desa Pujiharjo dari Perkebunan Kalibakar yang tidak jauh dari lokasi Pantai Sipelot, Anda akan disuguhi panorama yang indah. Di sepanjang jalan menuju Pantai Sipelot tampak hamparan perkebunan pisang, kopi, dan tambak udang yang luas.

Panorama indah menuju pantai itu menambah daya tarik pesona Pantai Sipelot untuk Anda kunjungi saat libur Lebaran 2018 kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES