Kuliner

Tak Melulu Opor Ayam, Ini Hidangan Khas Lebaran di Nusantara

Tak Melulu Opor Ayam, Ini Hidangan Khas Lebaran di Nusantara Semur Jengkol Khas Betawi Spesial Lezat. (FOTO: makanajib)
Jum'at, 15 Juni 2018 - 07:32

TIMESINDONESIA, JAKARTAHidangan khas lebaran di Nusantara terbilang spesial, sebab ada beberapa makanan yang disajikan hanya di hari raya Idul Fitri.

Di Indonesia banyak sekali hidangan spesial yang disajikan hanya di hari raya. Kekayaan bahan baku dan kearifan lokal yang melahirkan makanan daerah itu.

Hmm, kira-kira apa saja ya makanan khas itu? 

Semur Batawi

Meski identik dengan sajian khas Jawa Tengah, semur ternyata juga “dimiliki” oleh adat budaya Betawi. Dengan kuah kental dan manis yang berasal dari saus kecap, makanan ini biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan utama saat Lebaran yang bisa disantap dengan nasi putih maupun ketupat. 

Semur khas Betawi umumnya memakai bahan dasar daging sapi, meski sayuran jengkol juga kerap dipakai sebagai bahan baku andalan.

Gulai Nangka Muda Medan

Di “tanah karo” Medan, lauk utama pendamping ketupat untuk sajian Lebaran didominasi oleh gulai. Dari sekian gulai yang diracik, yang jadi favorit ialah gulai nangka muda yang dicampur dengan potongan iga sapi di dalamnya. Cita rasa gurih dari kuahnya yang kental tentu berhasil membuat momen Lebaran di Medan menjadi lebih istimewa.

Ayam Gegape Makassar

Di pulau Jawa, opor ayam biasanya disajikan dengan kuah santan berwarna putih. Namun di Makassar, “opor” khas tanah bugis ini disajikan dengan tampilan yang sedikit berbeda. Ayam gagape namanya. Lauk yang kerap dijadikan pelengkap ketupat ini memiliki cita rasa rempah yang kuat dan terkadang disajikan dengan rasa yang cukup membakar lidah. 

Ada rempah apa saja di dalam masakan ini? Sebut saja seperti cabai, daun serai, lengkuas, daun salam, bawang merah dan putih, hingga kunyit dipadupadankan demi memperkaya rasa ayam gagape. Tak lupa, santan dan kelapa parut yang sudah disangrai juga menjadi bahan utama di sajian ini.

Ayam Woku Manado

Bagi masyarakat Manado, ayam woku adalah sajian makanan khas Lebaran yang sudah tak asing lagi. Dengan rasa yang gurih dari aneka rempah-rempah khas nusantara, ayam woku adalah favorit masyarakat Manado dari berbagai kalangan. 

Ayam woku sendiri memiliki dua jenis, yakni yang dimasak dengan belanga (disebut dengan ayam woku belanga) dan yang dimasak dengan daun. Keduanya sama-sama lezat.

Lemang Lepat Lau Pontianak

Di Pontianak, hari raya Lebaran tak akan lengkap jika tak ada sajian yang satu ini, Lemang Lepat Lau. Makanan berbahan dasar beras ketan ini biasanya menjadi pendamping masakan rendang daging ataupun serundeng (parutan kelapa berbumbu). 

Cita rasanya tak jauh berbeda dengan lontong yang ada di pulau Jawa, namun pada lemang rasa gurih lebih terasa karena santan yang disertakan dalam proses membuat lemang.

Hmm menggoda bukan. Bagaimana, Anda tertarik mencoba hidangan khas lebaran di Nusantara? (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration