Gaya Hidup

Tips Merawat Gigi Setelah Lepas Behel

Sabtu, 18 November 2017 - 06:37 | 199.23k
ILUSTRASI. Perawatan kawat gigi. (FOTO: tauntondental.ca)
ILUSTRASI. Perawatan kawat gigi. (FOTO: tauntondental.ca)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggunaan kawat gigi merupakan salah satu solusi untuk merapikan bentuk gigi sekaligus menjaganya tetap sehat. Umumnya kawat gigi dipakai selama dua tahun. Setelah lepas kawat gigi atau behel, ada beberapa hal yang harus lebih Anda perhatikan.

Pasalnya setelah lepas behel, gigi Anda rentan kembali ke bentuknya semula kalau tidak dijaga baik-baik. Agar hal ini tidak terjadi, berikut tips merawat gigi setelah lepas behel, dilansir dari Hello Sehat.

Pakai Retainer
Gusi dan tulang rahang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi gigi yang baru. Itulah kenapa penggunaan retainer menjadi bagian yang sangat penting dari perawatan gigi setelah lepas behel. Ada dua jenis retainer setelah lepas kawat gigi: permanen dan lepas-pasang.

Bicarakan dengan dokter mengenai jenis retainer yang terbaik untuk kondisi gigi Anda. Selama pemakaian retainer Anda juga tetap disarankan untuk kontrol rutin ke dokter gigi, untuk mengecek apakah gigi baru Anda baik-baik saja atau retainer perlu disesuaikan kembali.

Perhatikan Makanan
Setelah lepas behel, gigi Anda mungkin akan terasa lebih sensitif untuk sementara waktu. Jadi sebaiknya hindari hal-hal yang tidak perlu yang bisa memperparah sensasi ngilu itu.

Jangan makan apapun yang sangat panas atau dingin selama beberapa hari sampai beberapa minggu setelah kawat gigi dilepas. Hindari juga makan makanan yang sangat renyah atau kenyal selama masa-masa ini, karena gigi Anda masih menyesuaikan diri dengan posisi barunya.

Rutin Sikat Gigi dan Flossing
Sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah dan malam sebelum tidur. Jika Anda memakai retainer permanen yang tak bisa dilepas, cara membersihkan gigi Anda tetap sama seperti saat memakai behel dengan sikat kecil khusus gigi berkawat. Jika retainer Anda tipe yang lepas pasang, Anda bisa melanjutkan rutinitas menyikat gigi seperti pada umumnya.

Sebagai tambahan, bersihkan sela-sela gigi Anda dengan benang gigi (dental floss) dan berkumur dengan obat kumur antibakteri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES