Minggu, 19 Agustus 2018
Peristiwa - Daerah

Ada Nama Komisioner KPU, Ketua PSI Batu Akui Lalai

Ada Nama Komisioner KPU, Ketua PSI Batu Akui Lalai Penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi kepada Panwaslu Kota Batu, Jumat (17/11/2017) di kantor KPU Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Jum'at, 17 November 2017 - 23:11

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisioner KPU Kota Batu Erfanudin tercatat namanya sebagai anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pun dengan PPK Kecamatan Bumiaji, Heri Sutanto yang juga tercatat sebagai anggota PSI.

Temuan ini disampaikan Panwaslu Kota Batu saat penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2019, Jumat (17/11/2017) di kantor KPU Kota Batu.

Ketua Panwaslu Kota Batu Abdurrohman mengatakan, dalam menjalankan tugas pengawasan melekat, pihaknya menemukan dua nama penyelenggara Pemilu yang terdaftar sebagai anggota PSI.

"Kami meneliti satu satu, by name by address. Ada dua nama penyelenggara Pemilu yang tercatat sebagai anggota parpol (PSI)," ujar Abdurrochman.

Panwaslu telah menanyai dua orang tersebut. Mereka menyatakan tidak ikut partai.

Dimintai tanggapan, Ketua PSI Kota Batu Abdulloh Qoyim mengatakan masalah sudah diselesaikan.

Dia mengakui adanya kelalaian dalam perekrutan anggota partai. "Kami akui sebagai kecerobohan," kata Qoyim ditemui di lokasi yang sama.

Pihaknya mengambil langkah-langkah untuk menuntaskan permasalahan ini. Salah satunya, menghapus dua nama tersebut yang terdapat di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Dia juga akan memberikan surat pernyataan bahwa dua nama tersebut bukan anggota partai politik PSI. Surat pernyataan berasal dari yang bersangkutan. 

"Kita juga akan memberi keterangan bahwa betul yang bersangkutan bukan anggota PSI," ucapnya. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration