Gaya Hidup

Ini Tanda Tubuh Kurang Serat yang Harus Diketahui

Ini Tanda Tubuh Kurang Serat yang Harus Diketahui ILUSTRASI. Perut sakit karena sembelit. (FOTO: Boldsky)
Sabtu, 18 November 2017 - 04:31

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap prima. Hal ini karena kurang serat dapat menjadi asal mula berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mengetahui tanda tubuh kekurangan serat. Dilansir dari Klik Dokter, ini tanda tubuh yang kurang serat.

Sembelit 
Tanda tubuh kurang serat yang pertama adalah sembelit. Ini adalah kondisi di saat Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Sering Lapar
Serat mengisi lambung dan lambat dicerna, sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Jika sering merasa lapar, berarti tubuh Anda sedang dalam kondisi kurang serat.

Berat Badan Meningkat
Saat tubuh kurang serat, Anda akan mencari camilan terdekat untuk sekadar mengganjal perut yang lapar. Bila kebiasaan ini terus berlanjut, berat badan Anda akan terus mengalami peningkatan.

Kadar Gula Darah Tidak Stabil
Serat dapat menghambat penyerapan gula, sehingga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Maka itu, jika tubuh terus-menerus dalam keadaan kurang serat, bukan tidak mungkin diabetes akan terjadi kemudian.

Meski sangat baik bagi kesehatan, serat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi serat setidaknya 30 gram per hari. Serat bisa Anda temukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration