Peristiwa - Daerah

Anggota Polres Malang ‘Ngaji’ Islam Rahmatal Lil Alamin

Anggota Polres Malang ‘Ngaji’ Islam Rahmatal Lil Alamin Ustadz Drs Khusnul Hadi, saat memberikan ceramah agama di di Masjid Ashumul Muhsinin Polres Malang, Jumat (17/11/2017). (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 17 November 2017 - 22:13

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memaknai agama Islam yang Rahmatal Lil Alamin, Islam damai dan menyejukkan, tak hanya ada di pelajari santri di Pondok Pesantren atau lembaga keagaman lainnya. Namun, upaya mendalami Islam Moderat dan toleran juga terjadi di lingkungan Polres Malang.

Jumat (17/11/2017), di Masjid Ashumul Muhsinin Polres Malang, digelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh anggota Polres Malang. Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, Waka Polres Malang, Kompol Deky Hermansyah dan petinggi lainnya juga ikut Binrohtal tersebut.

Hadir sebagai pembicara dalam acara itu, Ustadz Drs Khusnul Hadi, yang sehari-harinya menjabat sebagai dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Malang.

Ngaji-Polres-Malang-2aDSnc.jpg

Tak hanya anggota polisi, ikut serta juga anggota Bhayangkari Cabang Malang. Diketahui, Binrohtal merupakan salah satu program 77 Unggul yang digagas oleh Kapolres Malang, yang rutin diadakan setiap hari Jumat pagi.

Dalam ceramahnya agama yang diikuti dengan tanya jawab dari jemaah, Ustadz Khusnul Hadi menyampaikan secara detail soal rukun Islam. “Sebagai orang Islam kita wajib mengetahui berapa perkara Rukun Islam. Rukun Islam ada lima. Yakni, Baca Syahadat, melaksanakan shalat, melaksanakan puasa, menunaikan zakat, dan melaksanakan ibadah haji bagi yang sudah mampu,” jelasnya.

Ngaji-Polres-Malang-3mMfSe.jpg

Syarat yang paling pertama katanya, seseorang untuk menjadi seorang Muslim adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Makna  Syahadat  adalah  mengucap dengan lidah, membenarkan dengan hati dan mengamalkan melalui perbuatannya.

Kedua katanya, adalah melaksanakan shalat. Sebagai seorang Muslim, maka ia mempunyai kewajiban untuk melaksanakan shalat Fardhu lima waktu.

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration