Peristiwa - Daerah

KMB FT UB Ajang Adu Inovasi Mahasiswa Tehnik Mesin

KMB FT UB Ajang Adu Inovasi Mahasiswa Tehnik Mesin Kegiatan KMB FT UB diikuti oleh berbagai mahasiswa mesin se Indonesia (FOTO: Humas FTUB for TIMES Indonesia)
Jum'at, 17 November 2017 - 22:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jurusan Teknik Mesin Fakultas Tehnik UB kembali menggelar perhelatan akbar berskala Nasional Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB), yang menghadirkan ratusan mahasiswa berprestasi dari seluruh Indonesia. 

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, MS, Jumat (17/11/2017) ini, menjadi ajang beradu inovasi antar mahasiswa Tehnik Mesin dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof Arief Menyatakan dukungannya untuk kegiatan mahasiswa semacam ini. Ia mengatakan UB sebagai Entrepreneurial University bertaraf Internasional sangat mendukung event- event yang dapat memupuk kreativitas mahasiswa untuk menciptakan temuan baru.

KMB-FT-UB-2aMqhw.jpg

"Dari acara semacam ini bisa jadi lahir para entrepreneur muda yang sukses membuka lapangan usaha dari inovasinya,” katanya.

Rangkain kegiatan yang terdiri dari Brawijaya Copter Competition (BCC) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), diharapkan mampu membuat para peserta memberikan berkontibusi ide cemerlang untuk kemajuan bangsa. Mengusung tema Besar “Think Creatively for Better Society”, kegiatan dimulai dengan Upacara Pembukaan, kemudian peserta lalu dibagi menuju 2 venue berbeda.

Para peserta BCC tetap tinggal di Arena Sport Center UB, sedangkan Peserta LKTI menuju Ruang Sidang Jurusan Teknik Mesin, kompetisi dilaksanakan secara parallel.

Untuk BCC sendiri terbagi menjadi 2 hari, 17 dan 18 September 2017 untuk babak penyisihan dan final. Sedangkan untuk LKTI langsung mengikuti presentasi Final. 

Ketua Pelaksana KMB 2017, Ghani Ilham Ariestono, mengatakan KMB sendiri adalah kegiatan rutin yang telah diadakan sejak tahun 2000. Tahun ini merupakan KMB terbesar yang diadakan selama 17 tahun ini. Tahun ini KMB dikemas dalam tiga kegiatan besar.

KMB-FT-UB-3td2wE.jpg

"Kami undang peserta berskala nasional, terbuka untuk masyarakat umum, mengundang banyak bintang tamu, dan untuk closing juga kita adakan di lokasi yang sangat strategis," ungkapnya.

Ghani juga menjelaskan bahwa acara ini diadakan untuk mewadahi para individu kreatif dan kompetitif dalam menciptakan karya-karya yang berguna bagi kemajuan bangsa. Ia menyebutkan secara lebih luas, tujuan digelarnya KMS untuk  berkontribusi dalam pengembangan teknologi di Indonesia. 

"Melalui kegiatan ini kami ingin memfasilitasi teman-teman dengan misi yang sama," tukasnya.

Semantara itu, untuk pengumuman pemenang peserta kompetisi BCC dan LKTI dilaksanakan saat acara Gala Dinner pada tanggal 18 November 2017 di Hall Gets Hotel. Penutupan acara ini juga akan dihelat besar-besaran pada hari Minggu, 19 November 2017 di Brawijaya Edupark Malang. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration