Selasa, 21 Agustus 2018
Otomotif

Mobil Listrik Titen EV-3 Buatan Mahasiswa FT Unej Raih Juara

Mobil Listrik Titen EV-3 Buatan Mahasiswa FT Unej Raih Juara Mobil Listrik Titen EV-3 saat siap berlaga di KHME 2017 (FOTO: Istimewa)
Kamis, 16 November 2017 - 22:54

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mobil listrik Titen EV-3 buatan Fakultas Teknik Univeritas Jember meraih juara satu dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KHME) 2017 di Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang dilaksanakan pada tanggal 7-11 November 2017.

Mobil Listrik Titen EV-3 mengalahkan 13 peserta lain dalam kategori kelas urban listrik.

Agung Cahyo Koordinator Tim Titen EV-3 mengatakan, mobil listrik ini mampu menempuh jarak 11,6 kilometer dengan waktu 28 menit. Dan kecepatannya mencapai 30 kilometer/jam.

"Sebenarnya waktu yang diberikan panitia itu 30 menit. Ini semua merupakan dari hasil kerja selama 3 bulan. Dan kami melakukan pengujian terus di Kampus Unej sebelum melakukan pertandingan, agar hasilnya maksimal," ujarnya saat ditemui di Kampus Fakultas Teknik Universitas Jember, Kamis (16/11/2017).

Mobil-Listrik-Ce7lZS.jpg

Titen EV-3 ini, menurut teknisi mekanik Singgih Kurniawan, akan terus disempurnakan mulai dari body hingga sasisnya agar bisa lebih sempurna lagi.

"Body-nya akan disempurnakan agar mampu menekan besar gaya gesekan. Itu yang menyebabkan energi cepat terkuras. Selain itu juga, mobil ini memiliki berat sekitar 112 kilogram dengan power 350 watt dan mampu melaju dengan kecepatan 30 kilometer/jam," jelas Singgih.

Mobil-Listrikn02cA.jpg

Dengan kemenangan diajang KMHE 2017 di ITS, tambah Agung Cahyo, ini hal adalah modal yang baik untuk mengikuti ajang serupa di tingkat yang lebih tinggi.

"Target kami kedepan bisa ikut dan berpartisipasi dalam ajang Shell Eco Marathon 2019 di Singapura. Dan ini adalah ajang tingkat Asia," tutupnya. (*)

Jurnalis : Angga Juli Setiawan
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration