Entertainment

Kolaborasi dengan Musisi Aborijin, Navicula Konser di Australia

Jumat, 17 November 2017 - 00:02 | 31.42k
Band Rock asal Bali Navicula akan menggelar tur ke Australia. (FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)
Band Rock asal Bali Navicula akan menggelar tur ke Australia. (FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Band Rock asal Bali Navicula akan menggelar tur ke Australia dengan berkolaborasi dengan musisi Aborijin. Konser  akan dimuali pada tanggal 24 November sampai 9 Desember 2017.

Navicula akan tampil dibeberapa acara, salah satunya di Mapping Melbourne yang digelar oleh Multicultural Art Victoria (MAV) di Testing Grounds, City Road, Southbank. Di MAV, Navicula akan berkolaborasi dengan musisi Aborijin yang cukup terkenal yakni Kutcha Edwards dan Robbie Bundle. Bersama mereka Navicula akan terlibat dalan rangkain aktivitas kesenian dan workshop bersama seniman lain. 

Gede Robi, vokalis dan gitaris Navicula sangat antusias pada rencana kolaborasi ini. Acara ini juga menjadi peluang untuk menambah network untuk berbagi kebudayaan dan membahas isu lingkungan dan sosial di negara masing-masing. 

"Ini adalah sebuah kesempatan untuk berkolaborasi dengam musisi Aborijin mengingatkan kami pada akar kebudayaan Bali dan pentingnya untuk tetap terhubung dan menghormati budaya lama," ucapnya saat menggelar konferensi pers di Kubu Kopi, Denpasar, Kamis (16/11/2017).

Navicula selama ini dikenal dengan band yang aktif dalam gerakan sosial dan lingkungan. Bahkan band ini dijuluki sebagai Green Grunge Getlemen karena pesan-pesan dalam musik mereka sarat tema lingkungan. Robi mengharapkan kolaborasi dan aktivitas bersama komunitas seni masyarakat Aborijin di Lake Tyers akan memperkaya wawasan lingkungan mereka. 

"Kita juga akan berkampaye tentang lingkungan dan sosial lewat musik. Karena hal itu sudah lama kami kampayekan untuk mengharapkan keperdulian pada lingkungan dan sosial, sehingga selain berpikir lokal kita juga harus berpikir global, walupun nanti real kita lebih pada lingkungan dan sosial di sekitar kita," ujar Robi.

Lebih jauh lagi Navicula juga akan tur bersama tim dari Kopernik yakni sebuah lembaga nirlaba berbasis di Ubud Bali yang memusatkan diri pada pencarian solusi untuk mengurangi kemiskinan. Kopernik banyak melakukan distribusi alat teknologi yang sederhana dan terjangkau untuk masyarakat desa seperti lampu tenaga surya dan saringan air. 

Andre Lane sebagai produser Float menyampaikan, nantinya aktivitas kolaborasi di Lake Tyers Australia yang di fasilitasi oleh organisasi seni dan perubahan sosial Float dan Wurinbena hal ini akan melakukan pertukaran ide secara internasional dan regional sangat vital. 

"Kami telah menguji coba model pengembangan ekonomi yang cocok untuk komunitas kami dan mengekplorasi tata guna lingkungan yang kreatif bekerja dengan Navicula dan Kopernik adalah kesempatan yang sangat seru," ujarnya.

Lawatan ke Australia ini merupakan tur kedua bagi Navicula. Band ini pernah tampil di Sydney Festival 2013. Navicula memenangkan kompetisi RODE Rock dari produsen microphone RODE yang berbasis di Sidney. Hadiahnya Navicula diterbangkan ke Los Angeles untuk rekaman di Studio record plant di Hollywood. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES